Cara Atasi SmartPhone Tiba-Tiba Mati

Cara Atasi SmartPhone Tiba-Tiba Mati – Jika Anda memiliki kemampuan dan suka mengulik, maka Anda bisa memperbaiki ponsel mati total sendiri di rumah.

Namun, perlu diingat bahwa hal tersebut hanyalah untung-untungan, hanya beberapa persen yang berhasil.

Jika kerusakanya ringan, hanya sebatas pada software mungkin Anda bisa memperbaikinya.

Namun jika kerusakan sudah masuk ke level hardware, Anda harus mengganti atau memperbaiki komponen yang tentu sangat sulit sekali dilakukan sendiri.

Hal itu karena, Anda membutuhkan alat dan sparepart pengganti agar hp Anda kembali normal seperti sedia kala.

Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba cara berikut. Dimana, cara ini dapat memperbaiki kerusakan hp yang tiba-tiba mati atau mati total tidak bisa di cas.

Baik yang disebabkan oleh kegagalan software atau kerusakan baterai. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan: 

Cara Atasi SmartPhone Tiba-Tiba Mati

Tekan Tombol Power

Cara mengatasi ponsel mati total tidak bisa di cas adalah menekan tombol daya ponsel selama lima hingga tujuh detik. Jika cara ini berhasil, maka HP akan melakukan restart dan kembali ke menu awal.

Telepon Nomor di HP

Ponsel pintar yang mati total dan tidak menunjukkan tanda-tanda pengisian daya bisa jadi karena ada masalah pada screen. Bisa jadi, layar HP Anda rusak dan terus menampilkan layar berwarna hitam.

Padahal, sesungguhnya HP Anda sedang menyala. Anda bisa mencoba menghubungi nomor di HP tersebut.

Jika benar masalah terjadi pada layar HP, maka nantinya akan berdering meskipun layar tetap hitam. Segera ganti layar HP Anda ke service center terdekat.

Flashing Ulang

Solusi alternatif yang mungkin bisa Anda lakukan apabila HP Anda sama sekali tidak bisa menyala adalah dengan melakukan flashing HP ulang.

Nah, akan tetapi memang ketika melakukan flashing ini semua data di HP sebelumnya akan terhapus.

Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan flashing adalah sesuai dengan merk HP yang Anda gunakan.

Adapun, di tiap-tiap merk ponsel pinta memiliki cara tersendiri dalam flashing ulang.

Meski demikian, indikasi bisa dilakukannya flashing ulang adalah HP Anda masih terdeteksi bila disambungkan ke laptop ataupun ke PC.

Bila sudah tidak terdeteksi, kemungkinan besar HP Anda sudah tidak bisa di flashing ya.

Wipe Data

Langkah ini merupakan langkah yang juga cukup ekstrim dimana Anda menghapus seluruh data. Dengan kemungkinan data ataupun program bermasalah yang menyebabkan HP mati total bisa terhapus.

Untuk melakukan penghapusan data bisa gunakan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Tekan power dan volume up serta volume down secara bersamaan dari posisi HP yang sedang mati. Tunggu selama beberapa detik hingga HP menyala dan masuk ke recovery mode. Nah, apabila Anda tidak bisa masuk ke mode ini dapat dipastikan langkah ini pun tidak bisa Anda lakukan.
  2. Cari menu Wipe dan kemudian pilih Wipe Data serta Wipe Cache. Proses ini barangkali memakan waktu selama beberapa saat, tunggu saja hingga seluruh proses ini selesai dilakukan oleh sistem.
  3. Jika proses wiping sudah selesai Anda bisa mematikan HP Anda dan kemudian melakukan booting HP ulang.

Sebagaimana yang kami jelaskan di awal, langkah ini bisa berhasil kalau memang permasalahan HP mati total yang Anda alami berasal dari sistem ataupun dari program-program yang tidak diinginkan.

Sudah Anda coba sobat jasalogo.id? Bagaimanakah hasilnya? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Klik disini, untuk info selengkapnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *