Branding Lokal dan Global: Menyesuaikan Merek dengan Pasar

Branding memiliki pengaruh besar dalam suatu bisnis atau usaha, ini karena branding dapat merubah bagaimana pandangan masyarakat terhadap merek. Dalam membangun identitas merek penting memperhatikan aspek di lingkungan bisnis. Hal ini karena biasanya strategi dalam branding lokal dan global memiliki perbedaan.

Branding juga dipengaruhi oleh kelompok konsumen, masyarakat lokal dan global Tentunya memiliki banyak perbedaan. Perilaku berbelanja, kebiasaan dalam sosial media, kebutuhan pasar dan selera mereka akan berbeda.

Termasuk juga preferensi mereka terkait desain akan berbeda. Desain memiliki peran penting dalam membangun identitas melalui tampilan visual seperti desain logo. Desain logo suatu merek bisa mempengaruhi pandangan konsumen terhadap merek.

Read More

Pandangan konsumen terhadap merek dipengaruhi oleh banyak hal. Termasuk bagaimana elemen-elemen dalam branding bekerja secara maksimal dalam membangun citra bisnis. Mulai dari, logo, slogan, warna hingga nama merek.

Salah satu manfaat branding termasuk membangun citra positif. Jika usaha memiliki citra yang bagus, maka ini bisa meningkatkan keuntungan. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana perbedaan branding lokal dan global, sebagai langkah awal memasuki pasar internasional.

PERBEDAAN BRANDING LOKAL DAN GLOBAL

Ada beberapa hal dalam branding yang merupakan elemen penting namun kemungkinan memiliki karakter yang berbeda antara lokal dan global. Banyak hal berbeda mulai dari budaya, kebutuhan hingga preferensi.

Sikap Terhadap Budaya

Salah satu hal yang membedakan antara branding lokal dan global adalah sikap terhadap budaya. Budaya memiliki pengaruh pada perilaku, cara pandang dan minat masyarakat baik lokal maupun global.

Merek Lokal: Untuk merek lokal mereka biasanya memiliki hubungan yang erat dengan budaya dan nilai-nilai lokal beserta tradisinya. Merek lokal biasanya juga menerapkan nilai dan budaya pada merek, untuk memberikan nilai tambah serta memberikan kesan unik pada bisnis. Biasanya strategi branding lokal akan berfokus untuk menonjolkan unsur-unsur lokal, ini demi menciptakan hubungan emosional dan kedekatan dengan masyarakat lokal.

Merek Global: Sementara untuk merek global, biasanya menerapkan nilai budaya yang bisa diterima secara global dan diterapkan serempak pada merek mereka secara global. Untuk memberikan kesan menghargai budaya lokal, merek global sekalipun perlu menyesuaikan dengan nilai dan budaya lokal pada setiap negara.

Penyesuaian Terhadap Preferensi Lokal

Menyesuaikan preferensi pada konsumen dan lokal penting untuk membangun branding merek yang kuat. Minat konsumen lokal dan global akan berbeda karena kebutuhan mereka juga berbeda.

Merek Lokal: Untuk memberikan keunggulan pada merek lokal, penting untuk memahami dengan baik keinginan dan preferensi konsumen lokal. Jika merek bisa mengetahui minat konsumen, hal ini memungkinkan merek dapat menciptakan produk dan layanan yang bisa disesuaikan dengan selera pasar lokal.

Merek Global: Untuk merek global biasanya kerap menghadapi berbagai tantangan saat menyesuaikan produk sesuai dengan preferensi lokal. Hal ini karena setiap negara dan kelompok konsumen akan memiliki preferensi yang berbeda. Untuk menciptakan produk yang sesuai dengan minat global merek harus bisa melakukan pembayaran pendekatan yang menggabungkan elemen global dan lokal.

Interaksi dengan Konsumen

Membangun interaksi konsumen baik secara global dan lokal adalah salah satu elemen penting dalam membangun branding. Mengembangkan hubungan dengan konsumen melalui interaksi langsung seperti umpan balik, saran dan program loyalitas, akan meningkatkan citra positif merek dimata konsumen.

Merek Lokal: Merek lokal lebih unggul untuk membangun interaksi dengan pelanggan yang lebih personal. Ini karena merek lokal lebih mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk berinteraksi dengan konsumen lokal. Merek lokal biasanya memiliki skala yang lebih kecil, sehingga dapat lebih cepat merespon terhadap umpan balik dari konsumen.

Merek Global: Biasanya merek global lebih sulit untuk merespon dengan cepat setiap umpan balik karena memiliki skala yang besar. Untuk membangun branding melalui interaksi pelanggan dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pelayanan konsumen secara global. Ini seperti pesan bot atau analisis data untuk memberikan rekomendasi sesuai minat pelanggan.

Konsistensi dan Pengenalan Merek

Penting bagi merek untuk konsisten dalam semua elemen branding untuk mengenalkan merek. Merek yang konsisten dalam berbagai hal akan mudah diingat oleh konsumen.

Konsistensi ini termasuk pada logo, warna, slogan hingga kemasan. Baik secara lokal atau global merek harus konsisten di semua aspek penting.

Merek Lokal: Kekuatan merek saat melakukan branding terletak pada bagaimana merek mengenalkan produk dengan baik. Saat mengenalkan produk pastikan semua aspek dalam branding sama, baik di regional maupun nasional. Menerapkan nilai lokal saat mengenalkan merek, akan membantu konsumen mudah mengingat merek tersebut.

Merek Global: Untuk merek global konsistensi sangatlah penting untuk diterapkan pada semua aspek secara global. Jika ada hal yang tidak konsisten ini akan menimbulkan kebingungan. Pengenalan merek secara global harus memperhatikan daya tarik yang diminati secara universal, ini untuk membangun citra global yang kuat.

KESIMPULAN

Dalam membangun branding merek secara lokal atau global, penting untuk menentukan strategi apa yang perlu digunakan agar mencapai sasaran. Pertimbangkan pula tentang karakteristik pasar dan sifat merek saat membuat strategi branding. Perlu juga menerapkan nilai-nilai, budaya dan tradisi saat membangun branding merek. Ini akan memberikan merek identitas yang kuat dan bisa menarik perhatian konsumen lokal.

Biasanya merek yang bisa menerapkan budaya dan preferensi lokal akan memiliki keunggulan dan dapat bersaing di pasaran. Perlu diingat bahwa branding lokal dan global memiliki perbedaan dalam banyak hal. Ketika merek ingin memasuki pasar global, penting memahami semua aspek tersebut agar dapat membangun identitas merek yang kuat.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts