Bisnis toko adalah satu bisnis yang bisa dilakukan semua orang selama punya modal. Toko kelontong adalah salah satu bisnis yang dijangkau oleh masyarakat menengah kebawah.
Bisnis toko ini biasanya menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari berupa makanan ringan, produk minuman kemasan, peralatan kebersihan, kebutuhan dapur dan masih banyak lagi. Toko kelontong menyediakan semua barang umum yang paling sering dibutuhkan.
Toko kelontong menjadi pilihan bagi orang tidak ingin repot ke pasar, atau membeli kebutuhan mendadak. Biasanya toko dibuka di dekat perumahan di kampung di desa. Kamu bisa menemukan toko kelontong di seluruh sudut di Indonesia.
Tidak seperti bisnis lain yang membutuhkan pertimbangan banyak faktor untuk memulai bisnis. Bisnis ini bisa kamu di berbagai tempat tanpa mempedulikan sudah berapa banyak toko kelontong di sekitar. Bahkan kamu akan tetap memperoleh untung meski dibuka di daerah terpencil. Semua orang membutuhkan toko kelontong untuk memenuhi kebutuhan harian.
BEBERAPA INFORMASI UMUM TENTANG TOKO KELONTONG
Toko kelontong berperan penting dalam membangun perekonomian lokal, bisnis ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan produk dapat seperti sabun dan gula untuk kebutuhan harian tanpa pergi jauh ke pasar atau minimarket. Lokasinya pun mudah dijangkau kebanyakan di tengah rumah warga tidak jauh ke jalan besar.
Produk dan barang yang dijual:
Produk yang dijual di toko kelontong biasanya demi kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti gula, telur, beras produk kebersihan, makanan ringan, minuman kemasan, dan sebagainya.
Harganya barang-barang pun terjangkau dan bisa diakses masyarakat kecil. Produk yang dijual juga merek terkenal yang sudah dikenal banyak masyarakat dan murah.
Ukuran dan lokasi:
Untuk ukuran toko bermacam-macam bergantung pada keinginan dan kemampuan pemiliknya. Jika toko tersebut berhasil mendapat banyak keuntungan, banyak juga yang sudah dikembangkannya seperti minimarket, mereka juga punya staff yang banyak.
Barang yang dijual semakin beragam terkadang juga menjual baju dan peralatan masak seperti wajan. Semakin besar tokonya semakin bervariasi pula yang dijual.
Lokasi bisnis yang dipilih biasanya dekat perumahan warga dan di pinggir jalan. Mereka biasanya tahu betul tempat yang strategis untuk dijangkau banyak orang. Toko kelontong tersebar luar di berbagai desa, kota maupun pinggiran kota.
Pelayanan personal:
Toko kelontong biasanya dilayani langsung oleh pemiliknya. Ini bisa membentuk hubungan yang lebih personal dengan pembeli. Penjual biasanya mengenal pembeli karena kebanyakan warga sekitar, hal ini memudahkan pembeli menemukan sesuai dengan minat yang dipahami oleh penjual.
Keberlanjutan usaha:
Usaha toko kelontong lebih mudah dalam melakukan keberlanjutan usaha karena mereka menyediakan barang-barang pokok yang dibintangi masyarakat setiap hari.
Hal ini tidak akan membuat toko kelontong kehilangan pembeli meskipun ada minimarket karena harganya jauh lebih murah serta bisa menyediakan opsi hutang. Keunggulan lain dari toko kelontong dibandingkan supermarket adalah kenyamanan saat pelayanan lebih ramah karena sudah mengenal.
Biasanya minimarket dan supermarket jauh dari pemukiman warga, dan berada di tempat ramai serta di pinggir jalan raya. Sedangkan toko kelontong lebih mudah diakses karena dekat dengan pemukiman warga.
Pengaruh komunitas:
Toko kelontong juga sering berpartisipasi dalam acara lokal sebagai sponsor dan memberikan dukungan kepada acara warga. Hal ini dapat membantu kepercayaan masyarakat terhadap toko tersebut.
Tantangan bisnis:
Tentu saja yang namanya bisnis pasti ada tantangan tersendiri. Ada beberapa tantangan yang dihadapi toko kelontong termasuk perubahan perilaku berbelanja konsumen. Ada konsumen yang suka berbelanja di minimarket karena lebih terjamin produknya.
Toko kelontong jarang mengecek tanggal kadaluarsa dan kelayakan produk yang dijual. Hal Ini bisa mempengaruhi kepercayaan masyarakat pada produk yang dijual toko kelontong.
Adanya regulasi dari pemerintah mengenai bisnis juga bisa berdampak pada toko kelontong. Serta adanya persaingan harga dengan toko lain atau minimarket.
Berperan dalam perekonomian lokal:
Toko kelontong juga berperan dalam membangun perekonomian lokal. Jika kelontong sudah besar dapat merekrut staff, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Bisnis ini juga dapat perekonomian lokal dengan membantu menyediakan kebutuhan sehari-hari untuk pedagang yang berjualan makanan. Serta menjadi pusat kegiatan masyarakat dan komunitas.
Adaptasi Teknologi:
Jangan salah, meskipun toko kelontong terkesan sederhana. Saat ini sudah banyak dari mereka yang mengadaptasi teknologi untuk berjualan.
Banyak toko kelontong yang sudah memakai alat pembayaran digital bagi yang tidak punya cash. Pembayaran digital memudahkan karena tidak perlu uang kembalian.
Bahkan di desa-desa sekalipun sudah menyediakannya alat pembayaran digital di toko kelontong. Sekarang juga banyak pemilik toko kelontong yang menyediakan pembayaran seperti listrik, pulsa dan pajak.
Banyak juga yang menjadi agen brilink. Hao ini memudahkan masyarakat transfer dan ambil di toko kelontong saja, apalagi jika di desa jauh dari ATM atau bank.
Toko kelontong memiliki keunikan tersendiri dari minimarket karena pelayanan yang lebih personal dan ramah. Bisnis ini masih eksis ditengah masyarakat meskipun banyak minimarket dan supermarket yang canggih bermunculan.
Selain itu toko kelontong juga menyediakan sistem hutang, yang tentu ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Toko kelontong juga bisa menjadi peluang besar meraih keuntungan jika dijalankan dengan baik dan memahami betul kebutuhan masyarakat. Banyak yang juga menjual sesuai permintaan orang. Ini akan menarik orang belanja di toko kelontong.
Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami jasalogo.id dan tawaran promo menarik.