Bisnis Reseller: Cara Sukses Menjadi Reseller

Bisnis reseller sebenarnya sama saja dengan penjual produk lainnya, yang membedakan hanya model bisnisnya. Reseller merupakan orang menjual lagi produk yang dibeli dari berbagai pihak. Ini dilakukan untuk meraih keuntungan, untuk menjadi reseller juga bukan hal yang sulit.

Ada banyak kelebihan untuk memilih reseller sebagai model usaha. Biasanya reseller akan membeli produk dari berbagai penyedia barang dengan harga murah untuk dijual kembali dengan harga lebih tinggi. Reseller terkadang juga tidak perlu menyetok barang sehingga biasanya akan membeli barang jika ada yang memesan.

Biasanya reseller menjual barang secara online di sosial media dan marketplace. Biasanya di beberapa marketplace ada yang menyediakan fitur beserta tata caranya untuk menjadi reseller. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari menjadi reseller.

Read More

Salah satu kelebihan reseller adalah tidak membutuhkan modal besar, resikonya juga tidak begitu besar, hingga tidak terlalu membutuhkan gudang untuk menyimpan persediaan. Bisnis ini cocok untuk pemula yang ingin berjualan namun belum mampu untuk memiliki produk sendiri.

CARA MENJADI RESELLER

Menentukan Produk Yang Ingin Dijual

Langkah pertama untuk menjadi reseller adalah dengan menentukan produk apa yang ingin dijual. Ada banyak sekali produk yang bisa dijual sebagai reseller, untuk bisa meraih keuntungan pilih produk yang saat ini banyak dicari orang.

Pantai tren yang ada dipasaran, cari tahu produk apa yang banyak dicari masyarakat. Kamu bisa memilih produk tersebut, pilih model yang berbeda dan unik. Agar produk yang kamu jual bisa bersaing di tengah banyaknya produk toko lain.

Selain memilih jenis produk, penting juga mengecek kualitas produk tersebut. Pastikan juga produk sudah berlisensi sesuai peraturan yang berlaku. Hati-hati jangan sampai menjual produk ilegal yang belum lisensi, ini bisa berbahaya. Jika produk menyebabkan kerugian pada pelanggan kamu nanti bisa dituntut karena juga menjualkan produk tersebut.

Selain itu pikirkan juga harga produk, kualitas hingga preferensi konsumen terhadap produk tertentu. Ini berguna supaya bisnis reseller milikmu bisa meraih keuntungan.

Memahami Pasar Dan Target Pasar

Seorang reseller juga harus memahami pasar, ini bisa dilakukan dengan memantau kondisi pasar. Pantai terus tren pasar, mulai dari produk yang akhir-akhir ini banyak dicari, tren produk baru, hingga kebutuhan konsumen.

Kondisi pasar dan tren biasanya cepat berubah, sehingga penting untuk terus memantau perubahannya. Jika ada pergantian tren produk, maka bisnis reseller milikmu bisa segera mengikuti. Bisnis yang menyediakan berbagai macam produk yang sedang ramai tentu akan menarik perhatian konsumen.

Kebutuhan masyarakat akan suatu produk juga bisa dijadikan pantauan untuk bisnis menyediakan produk sesuai kebutuhan mereka. Reseller harus siap akan perubahan tren pasar yang begitu cepat, agar pelanggan tetap setia membeli di tempat reseller berjualan.

Memantau Pesaing

Penting bagi reseller untuk memantau pesaing yang menjual produk yang sama. Dari sini reseller akan tahu bagaimana pesaing menjual produk dan menjalankan bisnis. Reseller juga akan tahu strategi yang mereka gunakan, sehingga reseller bisa memikirkan strategi yang lebih baik.

Memantau pesaing akan membantu reseller terkait kekurangan dan kelebihan mereka. Dengan mengetahui produk yang dijual pesaing akan membantu reseller mempertimbangkan untuk memilih produk yang lain.

Hal ini dibutuhkan untuk menimbang seberapa besar bisnis reseller tersebut. Terkadang supplier produk memiliki banyak reseller di daerah yang sama, ini bisa meningkatkan persaingan.

Mencari Supplier yang Terpercaya

Penting bagi seorang reseller memilih supplier yang tepat dan terpercaya. Supplier adalah orang menyediakan produk untuk dijual reseller. Untuk memilih reseller penting memperhatikan kelayakan dan kualitas produk.

Jika perlu cari beberapa supplier dan bandingkan kualitas dan harga produknya. Pilih produk yang berkualitas dan sesuai budget. Memilih barang dari supplier juga perlu memikirkan target pasar yang ingin capai. Pertimbangkan apakah produk tersebut akan sesuai dengan kebutuhan dan minat calon konsumen.

Terkadang faktor seperti komunikasi dan kecepatan respon dari supplier juga bisa dipertimbangkan saat memilih supplier. Karena jika terjadi ada keterlambatan produk, reseller bisa rugi karena menyebabkan pelanggan kecewa. Penting untuk memilih supplier yang bertanggung jawab.

Menjual Produk Secara Daring

Setelah reseller menemukan supplier yang tepat dan sudah menekan kontrak kerja sama, maka langkah selanjutnya adalah menjual produk. Untuk menjual produk dengan mudah dan bisa menjangkau konsumen lebih luas, gunakan sosial media dan platform marketplace.

Unggah katalog produk di marketplace di sosial media beri keterangan yang sesuai dan menarik. Beri keterangan tentang produk secara jelas, misalkan ukuran dan berat produk, termasuk juga bahan dan kandungan dalam produk.

Untuk bisa lebih menarik gunakan video untuk menunjukkan kualitas barang. Ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada produk tersebut.

Evaluasi Penjualan

Lakukan evaluasi penjualan, bagi seorang reseller evaluasi juga penting untuk meningkatkan kinerja kedepannya. Evaluasi bisnis dimulai dari hasil penjualan apakah sudah menguntungkan, bagaimana kualitas dari penggunaan katalog apakah sudah tepat. Termasuk juga melihat bagaimana respon atau umpan balik dari konsumen terkait produk.

Reseller bisa melakukan evaluasi setiap akhir bulan, dengan melihat detail kenaikan dan penurunan dari setiap barang yang dijual. Dari reseller bisa melakukan evaluasi barang mana yang bisa dipertahankan dan tidak.

Evaluasi juga untuk melihat hasil dari penjualan apakah sesuai dengan modal. Jika sekiranya ada aspek yang merugikan bisa segera diatasi.

KESIMPULAN

Bisnis reseller memiliki peluang yang menguntungkan untuk para pemula yang ingin mencoba berbisnis. Ini karena reseller mudah dijalankan, tidak butuh modal yang besar. Reseller juga tidak perlu pusing soal produksi barang, pemilik reseller tinggal mengambil barang dari supplier dan menjualkan kembali. Ada banyak sekali kelebihan dari menjadi reseller, karena jika kamu menjadi reseller produk yang sudah terkenal kamu tidak perlu susah memasarkannya. Tidak heran banyak orang ingin mencoba menjadi reseller.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts