Desain logo sebagai identitas merek memiliki peran krusial untuk membangun branding yang mencerminkan nilai dan karakter merek. Bentuk logo seringkali mengambil berbagai referensi dan inspirasi dari banyak hal yang bisa mencerminkan merek dengan baik. Ketika ingin memilih desain logo ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan.
Logo biasanya terbuat dari simbol, ikon, atau gambar terkadang juga hanya berupa tulisan. Menggabungkan tulisan atau huruf dengan gambar ikon tertentu akan menciptakan desain logo yang unik dan berkesan. Meskipun ingin menciptakan desain yang unik penting untuk memastikan logo memiliki keterkaitan dengan merek.
Agar bisa membangun identitas merek yang kuat sehingga mudah dikenali oleh publik, harus dipikirkan dengan matang desainnya. Desain logo harus bisa mewakili beberapa aspek penting dari identitas dan nilai merek. Pemilihan ikon logo, warna hingga tipografi dapat menciptakan kesan tertentu.
Untuk mengetahui tips memilih logo, artikel ini akan membahas beberapa aspek penting yang harus diperhatikan ketika memilih logo. Hal ini karena logo akan mewakili merek pada semua aspek, mulai dari identitas visual, watermark, hingga pada kemasan atau produk bisnis.
BEBERAPA ASPEK PENTING DALAM MEMILIH DESAIN LOGO
Secara umum ada beberapa aspek penting yang harus dipahami sebelum memilih logo untuk berbagai kebutuhan. Meskipun terkadang setiap kebutuhan memiliki ciri tersendiri, namun secara umum sama saja. Berikut beberapa aspek penting dalam memilih logo yang harus dipahami:
Branding dan Tujuan Bisnis
Sebelum memilih logo untuk merek, penting untuk menentukan arah branding merek seperti apa yang ingin dibangun. Misalnya jika logo digunakan untuk bisnis, maka penting untuk memahami nilai, pesan dan tujuan dari bisnis. Hal ini akan membantu memilih logo sesuai dengan tujuan bisnis.
Logo juga harus bisa mencerminkan identitas merek agar bisa digunakan untuk membangun kesadaran merek. Simbol atau ikon dalam logo harus mencerminkan nilai dan pesan bisnis, termasuk juga karakter yang ingin dibangun.
Tujuan bisnis dalam desain logo dapat ditujukan dengan menggunakan logo yang mencerminkan usaha. Dapat juga dengan menggunakan slogan atau tagline dibawa logo. Penggunaan tagline di bawah logo akan membantu menunjukkan pesan dan tujuan bisnis pada logo.
Target Audiens atau Pasar
Logo juga bisa dipilih dengan memahami siapa target audiens dari merek atau bisnis. Ini karena logo mencerminkan banyak aspek penting merek yang bisa dilihat oleh audiens. Jika audiens merasa terhubung dengan merek ketika melihat desain logo ini akan membantu meningkatkan kesadaran merek.
Menentukan target pasar atau audiens bisa dilakukan dengan melihat jenis usaha dan tujuan merek. Setiap jenis bisnis atau produk terkadang menyasar pasar tertentu, misalnya usia kalangan atau generasi tertentu. Desain logo harus menarik perhatian audiens yang ditargetkan sehingga merek bisa menjangkau mereka.
Misalnya merek menargetkan generasi muda, maka desain logo juga harus terlihat menarik dimata mereka. Generasi muda cenderung suka desain tidak kaku dan memiliki bentuk unik yang filosofis. Dengan mempertimbangkan minat dan harapan konsumen pada merek, akan membantu menciptakan desain logo yang menarik perhatian konsumen.
Sederhana tapi Mudah Diingat
Desain logo umumnya dibuat sederhana agar mudah diingat dan mudah diterapkan pada beragam kebutuhan. Meskipun ada beberapa merek yang lebih suka dengan desain yang rumit tetapi desain yang sederhana lebih fleksibel. Desain sederhana mudah untuk digunakan pada berbagai media dan skala tanpa kehilangan kualitas.
Untuk membangun branding merek yang mudah diingat, desain logo yang sederhana adalah pilihan terbaik. Desain yang sederhana biasanya menggunakan elemen minimalis dan tidak rumit. Bisa berupa satu simbol saja yang dimodifikasi secara unik tapi masih sederhana. Dapat pula berupa logo inisial dari nama merek, ini juga akan membuat logo efektif untuk diingat.
Fleksibel dan Memiliki Skala yang Luas
Sebuah logo biasanya harus fleksibel terutama untuk bisnis karena pasti digunakan untuk berbagai hal. Logo sering dipakai untuk foto akun sosial media, kemasan, situs website, hingga watermark konten. Hal ini karena logo merupakan identitas yang mewakili merek pada beragam aspek dan harus diterapkan secara konsisten untuk membangun branding.
Pastikan logo akan terlihat sama secara bentuk dan keterbacaannya pada berbagai media dan perangkat. Bahkan ketika dicetak pada kemasan atau untuk kebutuhan cetak lainnya harus tetap terlihat jelas. Termasuk juga pada berbagai ukuran, ketika logo digunakan pada ukuran yang kecil tetap harus terlihat jelas.
Pemilihan Warna dan Tipografi
Aspek selanjutnya yang harus diperhatikan dalam memilih logo adalah warna dan jenis tipografi. Kedua aspek ini memengaruhi tampilan visual dan keterbacaan logo, selain itu juga memengaruhi persepsi pelanggan. Ini karena warna dan tipografi tertentu dapat menciptakan kesan atau mood tertentu pada desain logo.
Pahami makna psikologi warna ketika memilih warna yang tepat untuk mewakili merek. Pastikan warna cocok dengan aspek identitas merek seperti nilai, karakter pesan hingga tujuan bisnis.
Unik dan Berbeda
Salah satu aspek penting dalam desain logo adalah keunikannya, agar logo tampil beda dan mudah dikenali. Logo yang unik akan dapat digunakan untuk membangun branding dengan cepat. Persaingan bisnis yang ketat ini desain logo berperan penting sebagai pembeda dengan membuat desain yang unik.
Bentuk desain unik yang berbeda dari jenis usaha yang sama akan membuat logo mencolok mudah dikenali dan diingat. Identitas merek semakin kuat dengan logo yang unik.
Hak Cipta atau Hak Kekayaan Intelektual
Sebelum memilih desain logo penting untuk memahami tentang hak kekayaan intelektual dalam desain logo. Pastikan logo yang kamu pilih tidak melanggar hak cipta atau mirip dengan milik bisnis orang lain.
Responsif dengan Platform Digital
Ketika ingin membuat desain logo pastikan bahwa logo bisa beradaptasi dengan mudah pada platform digital. Pastikan desain logo terlihat jelas pada platform seperti situs website, media sosial, atau aplikasi digital. Logo pada era digital berperan penting untuk membangun kesadaran merek secara online.
KESIMPULAN
Aspek penting tersebut dapat membantu untuk mempertimbangkan dalam pemilihan desain logo. Memilih desain logo dengan memperhatikan aspek seperti identitas dan nilai merek akan menciptakan desain yang mencerminkan merek dengan baik. Desain logo yang baik jika bisa mencerminkan berbagai aspek merek namun memiliki keunikan dan sederhana.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.