Apa Saja Elemen Identitas Visual yang Mewakili Merek?

0
(0)

Dalam dunia desain yang namanya identitas visual, ini digunakan untuk merepresentasikan sebuah perusahaan, produk, merek atau organisasi. Penggunaan elemen visual sebagai representasi merek akan memberikan audiens gambaran singkat tentang merek. Identitas visual ini memiliki banyak jenis elemen penting.

Identitas visual berperan penting sebagai wajah yang dilihat audiens sehingga bisa memberikan kesan tertentu. Untuk bisa mewakili merek identitas visual haruslah menarik perhatian dan memiliki gambaran khas merek.

Identitas visual harus mudah dipahami oleh audiens awam serta mudah diidentifikasi di antara banyak pesaing. Pembuatan identitas visual ini menggunakan banyak elemen desain. Penting memilih elemen yang bisa mewakili citra merek yang positif.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Untuk menciptakan identitas visual yang kuat dan unik perlu memperhatikan penggunaan elemen desain sesuai porsinya. Dalam identitas visual terdapat beberapa elemen yang bisa digunakan sebagai cerminan merek.

Beberapa Elemen Yang Termasuk Identitas Visual

Untuk menampilkan identitas visual merek yang menarik perhatian, penting memanfaatkan semua elemen dengan maksimal. Termasuk juga mencerminkan karakter merek melalui pemilihan elemen yang tepat. Berikut beberapa elemen yang termasuk dalam identitas visual untuk membangun merek yang kuat:

DESAIN LOGO

Simbol atau Lambang: Untuk menciptakan desain logo yang kuat dan unik, perlu memilih gambar atau ikon yang unik dan mudah diingat. Gambar yang sederhana dan mewakili merek kerap dijadikan pilihan sebagai ikon logo. Ikon logo harus mencerminkan merek atau jenis bisnisnya.

Nama Merek: Desain logo terkadang hanya berupa nama merek yang diberi tipografi menarik. Tipografi dari logo berupa nama merek bisa mencerminkan karakter merek. Logo dengan nama merek merupakan identitas visual yang mudah dikenali dan dibaca.

Kombinasi Logo: Desain logo juga adanya yang mengkombinasikan simbol dan nama merek. Terkadang juga mengkombinasikan simbol dengan inisial nama merek. Logo kombinasi akan terlihat menarik dan bisa menjadi identitas visual yang kuat.

WARNA

Palet Warna: Warna adalah identitas visual yang penting untuk membuat semua elemen identitas dapat menarik perhatian. Setiap merek akan punya warna ofisial yang digunakan pada semua identitas visual. Mengkombinasikan warna khas merek dengan warna lain dapat menciptakan konsistensi warna merek.

Warna Primer dan Sekunder: Penggunaan warna utama dan pendukungnya sering dipilih untuk menciptakan palet warna merek. Warna bisa mewakili persepsi audiens pada merek, penggunaan warna bisa menjadi pilihan.

TIPOGRAFI

Font atau Jenis Huruf: Jenis huruf pada desain logo juga merupakan bagian dari identitas visual. Pemilihan jenis huruf dan gaya teks harus disesuaikan dengan karakter merek. Tipografi banyak digunakan untuk logo dan desain materi pemasaran.

Ukuran dan Spasi: Untuk menciptakan identitas visual yang kuat penting untuk melakukan pengaturan tata letak huruf, jarak spasi dan ukuran.

GAYA FOTOGRAFI DAN ILUSTRASI

Tampilan Visual: Penggunaan Ilustrasi atau gambar akan mendukung tampilan desain identitas visual yang menarik. Ilustrasi membuat desain lebih interaktif dapat membangun citra positif dan menyenangkan.

Tone dan Mood: Fotografi dan ilustrasi yang sesuai dapat menciptakan suasana tertentu pada desain. Biasanya foto menggunakan filter atau warna tertentu bisa menciptakan suasana tertentu.

GAYA DESAIN GRAFIS

Elemen-elemen pada desain grafis juga bagian dari identitas visual. Perpaduan elemen seperti pola, bentuk, tekstur akan menciptakan desain identitas yang menarik dan unik.

Penggunaan elemen desain akan membentuk identitas visual yang kuat, jika digunakan secara konsisten pada semua jenis desain identitas pada berbagai media.

Penggunaan pola yang berulang pada identitas merek dapat memperkuat identitas melalui tampilan visual. Gunakan tekstur yang terkait dan sesuai dengan elemen desain yang lainnya termasuk merek.

IKONA ATAU FAVICON

Elemen identitas visual juga berupa versi sederhana dari logo yang bisa digunakan pada berbagai platform dan ukuran. Misalkan desain logo yang diambil berupa logonya saja bukan dengan nama merek.

Simbol sederhana ini akan lebih mudah dikenali karena ukurannya kecil. Sehingga tetap terlihat jelas pada berbagai platform.

KEMASAN PRODUK

Desain kemasan juga merupakan bagian dari identitas visual yang mencerminkan merek pada pelanggan. Biasanya desain pada kemasan produk akan menggunakan elemen identitas merek sebagai desain utama untuk menonjolkan identitas merek.

Penggunaan warna dan tipografi biasanya sama dengan yang digunakan pada desain logo. Pada desainnya juga terdapat label dan stiker untuk memudahkan pelanggan mengidentifikasi merek.

MEREK AIR (WATERMARK)

Merek air atau yang biasanya lebih dikenal dengan watermark ini adalah identitas visual untuk menandai merek. Biasanya digunakan untuk banyak produk milik merek sebagai penanda. Penggunaan watermark ini untuk menandai adanya pencurian desain.

Watermark berupa logo atau nama merek akan diterapkan pada gambar, kemasan, desain pemasaran dan berbagai kebutuhan lainnya sebagai tanda keaslian.

DESAIN PRESENTASI

Desain presentasi untuk keperluan menyajikan informasi pada klien atau dalam rangka membangun kerjasama, gaya presentasi ini juga bagian dari identitas visual yang mewakili merek. Untuk itu desain presentasi biasanya menggunakan elemen desain yang mencerminkan merek.

Desain presentasi ini juga termasuk desain proposal, dengan memanfaatkan penggunaan warna, tipografi yang mencerminkan identitas merek. Dengan memanfaat penggunaan identitas merek pada desain dokumen akan menciptakan visual yang mewakili merek.

MEDIA SOSIAL

Identitas visual banyak digunakan pada sosial media untuk menciptakan tampilan sesuai dengan identitas merek. Pada sosial media merek biasanya foto profil, header, dan postingan akan menggunakan elemen identitas visual.

KESIMPULAN

Identitas visual merek adalah kombinasi dari berbagai elemen desain, yang dapat menciptakan visual yang kuat dan mencerminkan merek dengan baik. Penggunaan identitas visual yang konsisten dapat meningkatkan kesadaran merek. Penting untuk mengetahui apa saja yang termasuk identitas visual merek.

Adanya identitas visual akan membantu merek mudah dikenali dan dibedakan dari pesaing. Identitas visual sendiri memiliki banyak jenis elemen dan bentuknya, penting menerapkan semuanya secara konsisten untuk membangun identitas.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Related posts