Apa itu Perusahaan? Mau Bikin Bisnis, Fahami Dulu

Apa itu Perusahaan? Mau Bikin Bisnis, Fahami Dulu – Saat sobat jasalogo.id akan membuat perencanaan pendirian bisnis plan, tentu di dalamnya ada perusahaannya.

Apakah Anda sudah memahami apa itu perusahaan dan sistematika di dalamnya?

Perusahaan adalah suatu kesatuan unit produksi yang kegiatan utamanya menyediakan barang dan jasa sebagai pemenuh kebutuhan masyarakat luas.

Jadi tujuan perusahaan bukan hanya untuk mencapai keuntungan yang maximal akan tetapi mempunyai tujuan lain seperti: membuka kesempatan kerja, pertimbangan politik dan upaya pengabdian kepada masyarakat.

Adapun tujuan dari pengusaha mendirikan perusahaan, dikategorikan menjadi dua yaitu:

  1. Tujuan Ekonomis. Tujuan ini berkaitan dengan segala upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya didalam berbisnis. Contoh: Mendapatkan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, inovati.
  2. Tujuan Sosial. Hal ini dilakukan dalam rangka tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan dimana tempat kedudukan perusahaan berada, bisanya bentuk tanggung jawab sosial ini terbentuk lembaga atau Divisi Corporate Social responsibility (CSR) yang ada di perusahaan.

Dalam hal ini perusahaan juga mempedulikan apa yang menjadi keinginan investor, karyawan, penyedia faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.

Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.

Nah, lalu apa pengertian dari perusahaan, sobat jasalogo.id?

Perusahaan merupakan suatu system. Sebab, merupakan kombinasi dari berbagai sumber daya ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung dapat mengendalikan kegiatan produksi dan pendistribusian barang serta jasa.

Hal itu dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan antara lain seperti laba usaha, penyediaan kebutuhan masyarakat luas, maupun tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar.

Adapun sifat dari sistem sebuah perusahaan yaitu:

  1. Rumit mencakup bnyak aspek.
  2. Merupakan satu kesatuan.
  3. Mimiliki keberagaman.
  4. Ketergantungan satu dan lainnya.
  5. Dinamis

Secara garis besar fungsi yang terdapat di dalam perusahaan terbagi atas dua fungsi pokok yakni fungsi operasi dan fungsi manajemen. Penjelasannya sebagai berikut!

  1. Fungsi Operasi adalah fungsi yang terdapat di dalam perusahaan. Dimna fungsi ini meliputi fungsi pengadaan bahan baku dan produksi, fungsi pemasaran, fungsi keuangan, fungsi personalia, fungsi akuntansi, fungsi administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan fungsi operasi penunjang lainnya.
  2. Fungsi Manajemen adalah fungsi Perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Nah, setelah mengetahui beberapa hal di atas, Anda harus mengetahui di dalam menjalankan operasinya perusahaan memiliki dua unsur pokok yaitu betuk usaha dan jenis usaha.

Dua Unsur Perusahaan tersebut ialah:

  1. Bentuk usaha adalah organisasi usaha atau badan usaha yang menjadi wadah penggerak setiap, jenis usaha. Bentuk usaha atau bentuk hukum dari suatu perusahaan dapat berupa perusahaan perseorangan persekutuan dan badan hukum yang didirikan, bekerja berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia.
  2. Yang kedua adalah jenis usaha atau lapangan usaha.  Dimana, jenis atau lapangan usaha merupakan kegiatan dalam bidang perekonomian yang mencakup beberapa kegiatan. Kegiatan yang masuk dalam jenis usaha meliputi perindustrian, perdagangan, jasa, pembiayaan yang dijalankan oleh badan usaha secara terus menerus.

Kesimpulan

Bagaimana, sobat jasalogo.id? Apakah sekarang Anda sedikit banyak mengetahui tentang apa itu perusahaan? Jika Anda mau bikin bisnis, fahami dulu pengertian perusahaan. Mengapa? Tujuannya adalah agar Anda dapat mengelola alur bisnis Anda lebih baik. Jika Anda telah memiliki ilmu bisnis, namun nyatanya Anda masih gagap terhadap manajerial perusahaan akan percuma.

Bisnis yang Anda jalankan tidak dapat berkembang sesuai dengan keinginan atau business plan yang sudah dirancang sebelumnya.

Baca juga beberapa artikel lainnya, sobat jasalogo.id!

Standar Pembuatan Business Plan yang Wajib Dilengkapi
Business Plan: Pengertian, Manfaat, Kegiatan, Indikator