Berpikir Produktif dan Moda Perubahan Bisnis

Berpikir Produktif dan Moda Perubahan Bisnis – Sudah Anda ketahui sobat jasalogo.id di artikel tentang pengertian berpikir perubahan, telah kita singgung.

Kembali disampaikan kembali, bahwa berpikir adalah proses memanipulasi data, fakta dan informasi untuk membuat keputusan berperilaku. Lalu perubahan adalah esensi dari kemajuan yang berarti harus berpindah posisi semakin ke depan dari posisi semula.

Sehingga, dari pengertian berpikir dan perubahan di atas dapat disimpulkan bahwa berpikir perubahan adalah berpikir untuk berubah, mencoba hal yang baru untuk berpindah dari posisi awal ke posisi yang lebih maju ke depan.

Read More

CONTOH BERPIKIR PERUBAHAN

Salah satu contoh dari berpikir perubahan yaitu ada seorang pegawai kantoran yang dulunya sering disuruh-suruh bisa saja menjadi seorang entrepreneur.

Kesuksesan tersebut disokong dengan adanya upaya untuk berpikir berubah yang bisa membuatnya dapat mengubah nasibnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sobat jasalogo,id, dalam berpikir perubahan, seseorang diharapkan memiliki pola pikir yang produktif karena pola pikir seperti inilah yang akan menciptakan ide-ide baru sekaligus dapat membuat seseorang bisa melangkah lebih jauh lagi dalam mengeksplorasi kemampuan yang dia miliki.

Sehingga diharapkan, seseorang tidak hanya terpaku pada apa yang sudah ada sekarang yang mungkin saja dapat membuatnya hancur melainkan pada perubahan apa yang bisa dia perbuat.

MEMBANGUN KEBIASAAN PRODUKTIF

Untuk dapat membangun kebiasaan yang produktif menjadi suatu kenyataan diperlukan adanya kemampuan berpikir untuk mewujudkan kebiasaan yang harus diasah secara berkelanjutan.

Hal itu dibarengi engan pengusaan ilmu pengetahuan, keterampilan dan keinginan hati yang akanmenuntun kekuatan-kekuatan bersikap dan berperilaku yang terpola.

Beralih ke manfaat berpikir perubahan, manfaat yang bisa didapatkan dari berpikir perubahan sangatlah banyak, diantaranya adalah merubah kebiasaan yang mungkin dahulunya tidak baik, menjadi lebih bermakna dan lebih baik.

Dapat memotivasi untuk mencoba hal baru yang lebih bermanfaat.

Meningkatkan kemampuan berkreasi dalam diri seseorang membuat orang semakin percaya diri dalam menjalani kehidupan.

Meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah setelah mengetahui manfaat yang bisa didapatkan dari berpikir perubahan.

DENGAN BEGITU,

Dapat disimpulkan bahwa berpikir perubahan itu perlu dilakukan karena dengan berpikir perubahan seseorang bisa melakukan banyak hal.

Mulai dari dapat mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan, dapat menyelamatkan nasib orang lain atau dapat digunakan untuk melihat seberapa besar kemampuan seseorang dalam melakukan sesuatu.

TUJUAN BERPIKIR PRODUKTIF

Setidaknya ada 3 tujuan berpikir yang kemudian melahirkan aktivitas berpikir yang sering kami sebut “mode berpikir”, antara lain:

Mode Belajar

Belajar yang kami maksud disini adalah proses mendapatkan pengetahuan baik dengan cara membaca, menonton maupun berdiskusi.

Proses berpikir ini sering juga kami sebut “Knowledge Acquisiton”.

Ukurannya bukan seberapa banyak yang anda baca, dengar atau lihat, tapi seberapa banyak yang benar-benar anda pahami.

Proses memahami adalah menjadikan pengetahuan yang tadinya ada di luar diri kita  menjadi milik kita dan siap kita gunakan setiap saat apabila dibutuhkan.

Salah satu ukuran paling gampangnya adalah, kemampuan kita menjelaskan ulang pemahaman tersebut dengan bahasa kita sediri dan orang lain memahami penjelasan tersebut.

Pada mode ini, output yang diharapkan dari kegiatan berpikir adalah pemahaman (comprehension).

Mode Problem Solving

Pada mode ini, kita berpikir karena adanya kebutuhan untuk menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi, baik masalah di rumah ataupun di kantor.

Kemampuan orang dalam menyelesaikan masalah biasanya akan sangat berpengaruh pada kecepatan perkembangan kariernya.

Mode Kontemplatif

Istilah gampangnya, sobat jasalogo.id, ini adalah moda merenung.

Kita biasanya berada dalam mode ini ketika sedang sendiri, merasa sendiri di tengah keramaian atau ketika kita baru saja mengalami peristiwa yang emosional seperti ditinggal pergi orang yang dekat dengan kita.

Bahan renungannya biasanya sangat esensial seperti makna dan tujuan hidup. Dengan proses berpikir kontemplatif, seseorang bisa menarik hikmah dari setiap pengalaman hidupnya.

KESIMPULAN

Demikian ulasan berpikir produktif dan moda perubahan bisnis dalam penjabaran tersebut di atas!

Untuk lebih dekat dengan jasalogo.id, Anda bisa klik disini atau disini.