9 Tips Hindari Kecanduan Gadget

9 tips hindari kecanduan gadget – penting Anda ketahui. Dimana, di era sekarang nampaknya mustahil tidak menggunakan gadget atau smartphone. Akan tetapi, Anda perlu hati-hati supaya tidak kecanduan bermain ponsel.

Ada pelbagai dampak yang harus Anda cermati. Misalnya, dampak fisik. 

Dampak fisik yang Anda dapatkan jika terlalu kecanduan gadget adalah mengalami masalah pada mata.

Ini karena kita terlalu lama menatap layar baik itu laptop, gaming device, atau smartphone. Mata jadi mudah lelah, kering, dan penglihatan jadi terganggu.

Selain itu, Anda juga akan merasakan nyeri di bagian tubuh tertentu. Mulai dari leher yang kaku, jari-jari tangan yang pegal karena banyak mengetik atau bermain game, hingga nyeri bahu dan pergelangan tangan.

Bukan tidak mungkin, kaki kamu juga mudah pegal karena lebih banyak duduk ketimbang beraktivitas dengan aktif.

Efek fisik lain yang bisa Anda alami adalah mudah terinfeksi. Gadget yang kita miliki dan kita gunakan pastinya merupakan sarang kuman dan bakteri. Paling banyak adalah bakteri E.coli penyebab diare.

Jika Anda terlalu sering bersentuhan dengan gadget, tentu saja risiko Anda tertular bakteri jadi lebih tinggi.

Terlalu lama bermain gadget juga bikin Anda menjadi kurang tidur. Anda akan lebih sering begadang dan akhirnya kualitas tidur Anda kurang bagus.

Jika Anda biarkan, maka bisa menyebabkan diabetes, penyakit jantung, infertilitas, obesitas, dan lain sebagainya. Bahkan, mood bisa jadi buruk dan Anda jadi sulit berkonsentrasi.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan pembatasan pada ponsel. Sebagai catatan, walau ada batasan namun bukan berarti gadget tidak bermanfaat, ya!

Pada tulisan ini, jasalogo.id akan dibahas apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kecanduan gadget!

9 Tips Hindari Kecanduan Gadget

Dilansir dari bp-guide.id, inilah cara mengatasi kecanduan gadget:

Jauhkan Gadget Saat Berkumpul dengan Keluarga

Hargai waktu yang ada bersama keluarga. Jadilah pendengar yang baik dan dengarkan aneka cerita dari keluarga.

Mendekatkan diri dengan keluarga dan menjauhkan diri dari smartphone sementara akan membuat Anda jadi lebih dekat dengan orang yang Anda sayangi. Tali persaudaraan jadi lebih erat.

Batasi Pemakaian Gadget dan Adakan “No Gadget” Day

Cara lain adalah dengan mengatur waktu pemakaian gadget. Tentukan pada jam-jam berapa saja Anda tidak boleh memegang smartphone.

Misalnya dari jam 9 malam hingga jam 6 pagi. Lalu tingkatkan lagi intensitasnya.

Sebagai awalan, Anda bisa mengurangi pemakaian gadget sedikit demi sedikit. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menambah waktu yang Anda gunakan untuk menjauh dari gadget, utamanya smartphone.

Bahkan bisa juga Anda adakan “no gadgetday, di mana Anda menetapkan satu hari tersebut untuk benar-benar jauh dari gadget dan tidak mengeceknya sama sekali.

Letakkan Gadget di Ruang Lain, Utamanya Saat akan Tidur

Untuk menjauhkan diri dari gadget, Anda bisa juga meletakkan gadget di ruang lain. Ini akan sangat ampuh jika Anda terlalu sering mengecek smartphone.

Misalnya, Anda sedang bekerja di ruang kerja, maka tinggalkan smartphone di ruang tidur. Cara ini akan membuat Anda jadi enggan untuk mengecek smartphone.

Kurangi Aplikasi Media Sosial dan Game

Satu hal yang bikin kita jadi sangat kecanduan pada smartphone adalah aplikasi-aplikasinya. Padahal, makin banyak aplikasi yang kita gunakan, maka makin lambat kinerja smartphone kita.

Selain itu, baterainya juga jadi cepat habis. Padahal, kebanyakan dari kita hanya memakai kurang lebih 10 aplikasi secara teratur.

Kebanyakan aplikasi yang bikin kita jadi kecanduan adalah media sosial dan game. Jika sudah membuka media sosial dan juga game maka kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa terasa.

Waktu yang harusnya bisa kita gunakan secara efektif jadi terbuang hanya untuk melihat aneka informasi kurang penting dan untuk main-main saja.

Matikan Notifikasi dan Internet

Jaringan internet memang sangat bermanfaat. Makin cepat jaringan internet yang kita dapatkan di gadget, maka makin lancar kita bermain gadget.

Adanya internet juga bikin kita jadi lebih mudah mendapatkan aneka notifikasi di gadget. Dan makin banyak notifikasi yang masuk, makin sulit kita lepas dari gadget.

Lakukan Aktivitas Lain

Waktu yang kita habiskan untuk bermain gadget bisa kita alihkan untuk aktivitas lainnya, loh. Umumnya, kita memainkan gadget saat kita bosan. Kebosanan akan makin meningkat di hari libur.

Dan pada saat seperti ini, gadget jadi banyak menyita waktu kita. Padahal ada banyak kegiatan lain yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Hindari Mengecek Waktu di Smartphone

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk diet gadget adalah menghindari mengecek waktu di smartphone. Ini akan bikin kamu keterusan untuk menggunakan smartphone. Ada baiknya Anda mengandalkan jam tangan, jam meja, atau jam dinding ya.

Dengan begini Anda tidak akan terlalu bergantung pada smartphone dan juga jadi tidak mudah tergoda membuka aplikasi lainnya.

Gunakan Buku Catatan Kecil

Untuk mencatat berbagai hal penting, Anda mungkin terbiasa memakai fasilitas note di smartphone. Namun, saat menghindari gadget, Anda bisa andalkan buku note atau buku catatan kecil. Boleh juga jika Anda ingin memakai buku agenda.

Simpan Gadget Dalam Tas atau Tinggalkan di Rumah Saat Bepergian

Bepergian memang paling pas jika kita membawa smartphone. Kita bisa memainkan smartphone agar tidak bosan saat di perjalanan.

Namun, jika ingin mengurangi intensitas penggunaan gadget, tidak ada salahnya Anda memasukkan smartphone ke dalam tas dan jangan mengeluarkannya jika tidak perlu sekali.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kecanduan gadget! Anda boleh menambahkan informasi di kolom komentar, ya! Untuk bantuan desain logo, hubungi jasalogo.id!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *