Desain logo merupakan bentuk visual identitas merek, sebagai identitas logo harus memiliki aspek yang mencerminkan merek. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika akan mendesain logo. Sebuah logo harus bisa menjawab pertanyaan penting terkait logo, agar desainnya efektif dalam mencerminkan merek.
Identitas merek harus bisa mewakili beberapa aspek penting dalam merek. Logo mewakili identitas merek sehingga penting memilih ikon yang tepat. Desain logo harus mencerminkan nilai, kepribadian, tujuan dan lainnya. Untuk itu penting memahami merek sebelum memilih ikon atau simbol untuk desain logo.
Sebuah logo harus mencerminkan banyak aspek dan bisa menjawab berbagai pertanyaan terkait desain. Logo yang bisa menjawab semua pertanyaan penting akan efektif untuk menyampaikan pesan merek. Desain yang bisa menjawab berbagai pertanyaan penting akan menjadi identitas yang kuat dan mudah dikenali audiens.
Desain logo harus efektif, mudah dikenali, mudah diingat dan mencerminkan merek dengan baik. Ini bisa dilakukan dengan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu ada dalam sebuah desain logo. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan penting terkait sebuah logo yang harus bisa terjawab ini desain logo efektif.
Apa Nilai Inti Merek?
Logo harus bisa mencerminkan nilai-nilai inti merek, karena desain logo merupakan identitas utama yang mewakili merek. Untuk itu penting memahami terlebih dahulu apa saja nilai-nilai yang dianut merek yang dijadikan fondasi merek.
Nilai ini akan mencerminkan visi, misi dan pesan merek pada pelanggan, Nilai merek juga dijadikan landasan dalam menjalankan usaha. Maka dari itu ketika memilih ikon logo penting untuk memilih simbol atau ikon yang bisa mencerminkan nilai inti merek.
Apa Tujuan dari Logo Ini?
Logo untuk merek haruslah bisa menjelaskan tujuan dari merek tersebut. Desain logonya harus bisa mencerminkan harapan merek dan tujuan merek dalam jangka panjang. Memahami tujuan dan visi merek akan membantu menciptakan desain logo yang sesuai.
Desain logo haruslah memperlihatkan tujuan merek dan pesan yang jelas yang ingin disampaikan merek melalui produk atau layanannya. Misalnya logo untuk teknologi harus bisa mencerminkan tujuan perubahan. Tujuan yang jelas akan membantu memberikan kesan merek akan bertahan dalam waktu yang lama.
Apa yang Membedakan Merek dari Pesaing?
Menjawab pertanyaan terkait logo ini bisa dilakukan dengan menciptakan desain yang unik dan berbeda dari pesaing yang memiliki bidang usaha yang sama. Logo yang terlihat umum baik dari segi warna atau bentuk tidak akan terlihat mencolok dan akan sulit dibedakan.
Terkadang penting untuk berani menciptakan desain yang berbeda dan unik agar merek mudah dikenali diantara desain logo yang lainnya. Ini bisa dilakukan dengan pemilihan simbol yang unik atau warna yang mencolok. Penting untuk memilih elemen desain yang berbeda agar logo terlihat mencolok.
Apa Jenis Produk atau Layanan yang Ditawarkan?
Biasanya penting bagi logo untuk bisa mewakili jenis bisnis, sehingga ketika orang melihat logo mereka bisa langsung tahu jenis usaha atau layanan. Gunakan elemen desain yang bisa mewakili logo dengan baik.
Ini karena logo adalah elemen visual yang mencerminkan merek. Gunakan ikon logo yang menggambarkan merek yang dimodifikasi kedalam bentuk unik. Misalnya bisnis laundry dapat menggunakan ikon seperti mesin cuci,air, setrika atau semprotan pewangi. Biasanya logo untuk laundry ini juga identik dengan warna biru dan putih.
Bagaimana Cara Logo Mewakili Kepribadian Merek?
Tidak hanya mewakili nilai inti dan pesan, desain logo kerap kali harus mewakili kepribadian merek. Kepribadian merek dapat mencerminkan pandangan audiens pada merek apakah ramah, inovatif, kreatif atau profesional. Desain logo perlu mencerminkan kepribadian merek untuk membangun kesan yang kuat.
Logo yang ramah akan menggunakan ikon berwarna cerah, dengan bentuk yang melengkung. Sementara bentuk ikon yang tegas akan menciptakan kepribadian merek yang profesional dan serius.
Apakah Warna Mewakili Merek?
Warna dalam desain logo juga harus sesuai dengan merek, setiap warna memiliki makna psikologis yang memengaruhi persepsi pelanggan pada merek. Ketika memilih warna pertimbangkan nilai, kepribadian, jenis usaha dan lainnya, ini akan memudahkan logo bisa menggambarkan pesan merek dengan baik.
Misalnya desain untuk jasa make-up bisa menggunakan warna-warna yang elegan seperti emas, pink, warna pastel atau putih. Sementara bisnis yang terkait dengan anak-anak bisa menggunakan warna-warna cerah yang mencolok pada logonya.
Bagaimana Keterkaitan Tipografi dengan Merek?
Tipografi pada desain logo haruslah disesuaikan dengan ikon logonya, ini agar nama merek terbaca dengan jelas dan sesuai dengan bentuk ikonnya. Gaya tulisan dapat mencerminkan kepribadian merek, terkadang tipografi juga mencerminkan jenis usaha.
Misalkan jenis usaha untuk es krim menggunakan tipografi yang meleleh, atau untuk usaha fashion perempuan biasanya akan menggunakan tipografi tipis yang elegan. Terkadang tipografi yang tegas dan tebal dapat mencerminkan kepribadian merek yang profesional.
Apakah Logo Efektif pada Skala Hitam Putih?
Ketika membuat desain logo ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar logo efektif. Salah satunya adalah efektivitas logo pada berbagai skala, termasuk skala hitam putih.
Meskipun logo memiliki warnanya tersendiri, terkadang untuk kebutuhan tertentu logo akan diubah pada skala hitam putih, misalnya pada stempel. Terkadang logo yang dicetak dan kemudian difotokopi harus bisa terlihat jelas pada skala hitam putih ini. Penting untuk memperhatikan hal ini agar logo tetap efektif pada skala warna terbatas.
Apakah Logo Mudah Dikenali dan Diingat?
Desain logo sebagai identitas merek digunakan pada berbagai keperluan untuk itu penting memastikan logo mudah diingat dan dikenali. Terkadang logo digunakan untuk berbagai ukuran termasuk untuk ukuran sangat kecil, jika logo tidak efektif logo tidak akan terlihat jelas pada ukuran kecil.
Agar logo mudah diingat dan dikenali penting menciptakan logo sederhana, terlalu banyak ornamen yang rumit akan membuat logo sulit diingat. Logo yang rumit juga akan sulit dipahami pesannya oleh audiens.
KESIMPULAN
Desain logo haruslah efektif, padat dan dapat menjelaskan nilai, tujuan dan karakter merek. Logo yang efektif bisa dicapai dengan mempertimbangkan beberapa hal penting dalam mendesain logo. Termasuk juga menjawab berbagai pertanyaan penting terkait logo, pertanyaan-pertanyaan tersebut menunjukkan apakah logo efektif atau tidak.
Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.