7 Trik Aman Berbelanja Online

7 Trik Aman Berbelanja Online – Banyak sekali alasan yang membuat masyarakat akhirnya memilih belanja online sebagai solusi pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Selain tidak perlu capek-capek pergi ke toko dan memilih barang, beberapa keuntungan lain seperti kemudahan dalam belanja karena dilengkapi sistem yang baik, banyak pilihan toko dan barang kebutuhan, harga bersaing, dan proses pengiriman yang cepat juga menjadi alasannya.

Dengan berbelanja online, kita tidak bisa memastikan barang yang akan dibeli secara langsung. Apakah itu asli atau tiruan, tidak mengenal penjual dan sebagainya.

Aktivitas belanja secara daring juga bisa mengancam keamanan jika tidak dilakukan secara hati-hati. Agar kamu bisa belanja online dengan aman dan nyaman maka kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti memilih onlineshop terpercaya hingga memperhatikan ulasan produk.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai 7 Trik Aman Berbelanja Online diperhatikan telah dirangkum Jasalogo.id berikut:

[Inilah 9 Manfaat Bisnis Online yang Perlu Anda Ketahui]

7 Trik Aman Berbelanja Online

1. Cari Tahu Reputasi Penjual

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang secara online, terutama di marketplace. Penting untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap toko penjual barang yang akan dibeli. Lihat berapa transaksi yang sudah dilakukan oleh penjual. Lihat juga bagaimana si penjual menjawab pertanyaan dari pembeli.

2. Teliti Website Toko Online

Saat akan berbelanja di situs toko online, telitilah terlebih dahulu situs web tersebut. Lihat bagaimana tampilan situs apakah mempunyai desain yang profesional atau hanya asal-asalan dibuat.

Toko online terpercaya tentu akan membuat situs toko onlinenya terlihat menarik dan terpercaya, bahkan untuk marketplace ternama dan terpercaya akan memiliki aplikasi toko online khusus yang bisa Anda download di PlayStore.

Selain dari melihat tampilan Anda juga perlu melihat apakah produk tersebut update, dari stok, biaya pengiriman, perubahan harga dan lihat juga deskripsi produk apakah dibuat secara detail dan sesuai dengan produk.

3. Cek Ulasan Produk

Setelah memastikan penjual bisa dipercaya, cek ulasan produk yang ingin kamu beli dari pengguna lain yang sudah membelinya terlebih dulu. Semakin banyak yang mengulas, semakin baik.

4. Baca Kebijakan Toko Online

Jika toko online terpercaya pasti akan mempunyai kebijakan situs, tapi meskipun Anda menemukan halaman kebijakan situs, Anda tetap harus membaca dengan teliti, dan jangan sampai di kebijakan itu ada beberapa poin yang merugikan Anda sebagai pembeli.

Baca juga kebijakan tentang pengembalian barang. Karena belanja online tentu saja barang yang dibeli tidak bisa Anda lihat secara fisik, maka di kebijakan tersebut harus ada tulisan yang berkaitan dengan garansi jika barang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, semisal barang cacat atau berbeda ukuran.

5. Periksa Ulasan Merek

Semua orang menginginkan label baru yang trendi, tetapi sebelum kamu membeli dari vendor baru, masukkan nama mereka ke Google plus kata “ulasan” atau “scam”. Pengalaman pembeli lain akan segera menunjukkan apakah produk mereka bernilai atau berisiko.

Oleh karena itu penting untuk cari ulasan terverifikasi, dan ingat bahwa sedikit atau tidak ada ulasan harus segera menjadi peringatan bagi kamu.

6. Baca Ulasan Pembeli

Keunggulan belanja di marketplace adalah adanya ulasan dari pembeli lain dan peringkat penjual. Anda bisa mengecek ulasan dari pembeli lain untuk melihat apakah penjual dapat dipercaya, kualitas barang yang dijual, dan kecepatan pengiriman.

Jangan terbiasa membeli barang dengan terburu-buru, pastikan untuk melihat reputasi dari setiap penjual, membaca ulasan dari pembeli, membandingkan dengan produk penjual lain dan baru lakukan proses pembelian jika dirasa memiliki ulasan yang bagus.

Ini untuk menjaga agar nantinya Anda tidak kecewa ketika barang sudah sampai atau tertipu oleh penjual yang tidak jujur.

7. Cetak dan Simpan Bukti Pesanan Anda

Mencetak dan menyimpan bukti transaksi pemesanan dan bukti pembayaran setiap Anda melakukan pembelian adalah cara yang baik, karena dengan menyimpan dokumentasi pembelian online dapat menyelamatkan Anda jika terjadi permasalahan di belakang.

Kebanyakan sistem penjualan online akan mengirimkan link ke email Anda yang berisikan rujukan ke halaman web untuk menyuruh Anda melakukan konfirmasi pembelian.

Pada halaman ini Anda harus melihat kwitansi pembelian dan juga nomor konfirmasi. Jika terdapat kedua hal tersebut silahkan untuk mencetak dan menyimpan bukti pembayaran dan konfirmasi sampai Anda menerima produk Anda.

Jangan langsung buang bukti transaksi pembayaran. Bukti tersebut termasuk deskripsi produk, harga, dan kuitansi digital.

[6 Langkah persiapan Sebelum membuka Toko Online]

[Keuntungan dan Kerugian Belanja Online, Menurut Anda?]

Demikian penjelasan Jasalogo.id terkait 7 Trik Aman Berbelanja Online. Cek artikel lainnya [Disini]. Semoga bermanfaat.

Jasalogo.id profesional tim yang siap 24 jam membuatkan Logo untuk perusahaan dan bisnis Anda.