6 Jenis Bisnis di Sekitar Kita

6 Jenis Bisnis di Sekitar Kita – Apakah sobat jasalogo.id sudah mengetahui jenis-jenis bentuk bisnis di sekitar kita? Jika belum, berarti Anda berada di alamat yang tepat!

Yaa, kali ini, jasalogo.id akan memberikan informasi tentang 6 jenis bisnis di sekitar kita. Berikut informasinya hanya untuk Anda!

6 Jenis Bisnis di Sekitar Kita

Sektor Jasa

Sektor pertama ala jasalogo.id ialah. Sektor jasa sama halnya jenis bisnis yang tengah kami kembangkan. Tertarik? Pelajari lebih detailnya, ya!

Dimana, secara harfiah, sector jasa diartikan sebagai usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan dengan menyediakan jasa-jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat pengguna, dengan mengharapkan imbalan atas jasa yang telah diberikan.

Ada pelbagai bentuk dan jenis usaha jasa telah berkembang luas di masyarakat. Usaha ini tidak menghasilkan barang, akan tetapi memberikan suatu layanan yang dibutuhkan oleh orang lain.

Misalnya: Jasa Logo (Jasalogo.id), Les Private, Rumah Sakit, Sekolah, dan sebagainya.

Sektor Jasa

Sektor Perdagangan

Yang kedua ialah bidang perdagangan. Bidang perdagangan merupakan bidang yang kegiatan utamanya melakukan transaksi jual beli barang dagangan baik barang ataupun jada dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba usaha.

Dalam perdagangan, jika zama dahulu menggunakan system barter, di zaman sekarang, uang-lah yang dijadikan sebagai alat tukar dalam transaksi jual beli.

Sektor Perdagangan

Sektor Agraris

Memasuki sektor ketiga ala jasalogo.id ialah sektor agraris. Sektor ini merupakan sektor usaha yang paling banyak dijumpai di Indonesia. 

Sebab, hal ini dikarenakan kebanyakan rakyat yang bergelut pada bidang usaha seperti pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Sektor pertanian bias diartikan sebagai suatu kegiatan usaha yang memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam baik untuk kebutuhan rumah tangga atau industri.

Sedangkan lokasi usaha pertanian biasanya dilakukan di sawah, lading, kebun, dan tegalan.

Usaha lain yang tergolong ke dalam kegiatan usaha di bidang agraris adalah perkebunan, peternakan, dan perikanan. Usaha perkebunan umumnya dikelola oleh masyarakat dan pemerintah.

Lalu usaha lainnya adalah sektor peternakan dan perikanan. Peternakan adalah usaha yang membudidayakan hewan ternak untuk dikonsumsi. 

Ditinjau dari segi pengelolaannya, usaha peternakan digolongkan menjadi peternak hewan kecil, peternak hewan besar, dan peternak unggas.

Sementara untuk usaha perikanan, digolongkan menjadi usaha perikanan air tawar dan perikanan air laut.

Sektor Agraris

Sektor Pertambangan

Usaha di sektor yang keempat ini merupakan usaha yang sangat menguntungakan bagi perekonomian Negara. Sebab, hasil yang di dapat bisa menyubang pada pendapatan negara secara signifikan.

Sektor Pertambangan

Sektor Perindustrian

Selanjutnya ialah, sektor perindustrian. Aktifitas Industri adalah kegiatan untuk menghasilkan barang dari pengelolahan bahan baku menjadi barang setengah jadi yang kemudian akhirnya diolah kembali menjadi barang jadi.

Usaha di bidang industri juga merupakan bagian kegiatan untuk menghasilkan nilai tambah (value added) atas barang sehingga barang tersebut akan menghasilkan laba.

Sektor Industri

Sektor Pariwisata

Sektor terakhir atau sektor keenam ialah sektor pariwisata.

Seperti diketahui bersama bahwa bidang pariwisata adalah usaha yang memanfaatkan alam sebagai daya tarik wisatawan, tatanan sosial dan budaya masyarakkat, seni rupa, adat, kesenian daerah dan hasil kreativitas obejk wisata.

Daerah wisata tentu dapat mendapatkan keuntungan dari hasil kunjungan wisatawan berupa penjualan tiket masuk.

Masyarakat sekitar akhirnya dapat memeroleh penghasilan dari pelancong yang mengunjungi tempat wisata dan atau yang berbelanja di wilayah tersebut.

Sehingga, pariwisata mampu menjadi penggerak roda perekonomian di daerah tujuan wisata.

Sektor Pariwisata

Kesimpulan

Itulah 6 jenis bisnis di sekitar kita, mulai dari sektor jasa, sektor perdagangan, sektor agraris, sektor perindustrian, sektor pertambangan, dan sektor pariwisata.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa membaca artikel jasalogo.id dengan melakukan klik disini atau memerluas ide logo Anda di katalog kami di sini. Pastikan Anda tidak melewatkan promo kami, sobat jasalogo.id!