6 Hal Tentang Efektivitas Pesan Visual

Hal Tentang Efektivitas Pesan Visual – Pada ulasan kali ini, sobat jasalogo.id, kita akan membahas soal apa saja peranan desain grafis pada media desain grafis, ya! Menarik, bukan?

Na, ini adalah ilmu yang mempelajari dan mengembangkan bahasa visual (salah satunya) untuk keperluan informasi dan komunikasi dari pelontar pesan.

Pesan visual yang disampaikan itu misalnya, dia bisa berupa informasi produk, jasa atau gagasan kepada sasaran (audiensi) secara komunikatif dan persuasif (dengan tujuan publikasi, promosi, dan pemasaran).

Penyampaian pesan visual tersebut bisa menggunakan media informasi (misalnya: televisi, website, majalah, surat kabar, brosur).

Agar pesan dapat efektif untuk dipahami, diterima, dan dapat mengubah sikap sasaran (audiensi) sesuai tujuan pemasaran, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut.

6 Hal Tentang Efektivitas Pesan Visual

Komunikatif

Ada 5 cara untuk membuat karya visual menjadi komunikatif bagi audiensi. Visualisasi pendukung agar mudah diterima olah sasaran.

Pelajari pesan yang akan disampaikan secara mendalam. Pelajari kebiasaan dan hal-hal yang diminati/ disukai oleh sasaran yang berkaitan dengan hal visual (ikon, gambar dan elemen visual lain).

Olah pesan (verbal) menjadi pesan visual, dengan memperhatikan tanda-tanda pesan visual yang dipahami publik, mudah, gampang, dan nyaman dilihat/ dibaca. Nah, sehingga buatlah sederhana dan menarik.

Kesatuan (Unity)

Penggunaan bahasa visual yang harmonis, utuh, dan senada agar materi pesan dipersepsi secara utuh (komprehensif) yang menyatu dan harmonis di dalam sebuah karya grafis. 

Hal ini menjadi sebuah upaya yang bertujuan memudahkan pengamat desain menangkap sebuah nuansa visual yang tematik dan mempermudah proses pembentukan pemetaan hierarki informasi yang hendak disampaikan.

Penggambaran Objek dalam Bentuk Image yang Presentatif

Gambar dapat berupa fotografi atau gambar informasi berupa tabel/ diagram dan gambar bergerak (animasi dan film). Gambar dapat diklasifikasikan sebagai gambar latar belakang desain atau gambar objek yang dapat memperjelas informasi.

Pemilihan Warna yang Sesuai Penggunaan kunci warna atau panduan warna berdasar teori warna Munsel, untuk mendapatkan warna-warna yang selaras. 

Dimana, harmoni dalam perpaduan warna dapat membuat nuansa yang berbeda walaupun menggunakan gambar yang sama.

Tipografi (Font dan Susunan Huruf)

Untuk memvisualkan bahasa verbal agar mendukung isi pesan, baik secara fungsi keterbacaan maupun fungsi psikologisnya, digunakan tipoggafi secara kreatif sesuai dengan keperluan dan tidak berlebihan. 

Unsur Visual Bergerak (Animasi dan/ atau Movie)

Animasi/ movie yang dibuat sebagai daya tarik dimedia televisi,web, dan gadget. Sebelumnya dibutuhkan storyboard yang merupakan acuan beberapa gambar untuk panduan proses produksi syuting.

Navigasi (Ikon)

Ikon navigasi berfungsi sebagai tanda untuk mengeksekusi arah atau tujuan yang dikehendaki. Maka, Anda dapat menggunakan ikon navigasi yang akrab dan konsisten agar efektif dalam penggunaannya.

Ikon ini dirancang sederhana, berkarakter, dan menarik, sebab fungsinya sebagai pemandu.

Itulah 6 hal tentang efektivitas pesan visual ala jasalogo.id. Bagiamana? Apakah sobat jasalogo.id telah memelajari keseluruhan dari informasi tersebut?

Jangan lupa, tidak cukup Anda membaca dan memelajarinya saja, sobat! Anda sangat perlu untuk mengaplikasikannya dalam keseharian desain yang Anda lakukan.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi jasalogo.id untuk menghasilkan logo perusahaan Anda sebelum Anda melalang buana dengan usaha yang Anda geluti.

Tentunya, dengan pengerjaan yang rapi dan dengan waktu yang singkat, Anda dapat memeroleh logo impian. Tenang, jika belum puas, akan kami revisi tanpa batas. Klik disini!