5 Tips Buat Desain Tipografi Mudah dan Efektif

5 Tips Buat Desain Tipografi Mudah dan Efektif – Seperti difahami bersama, bahwasanya tipografi ialah suatu cara dari bentuk komunikasi dengan pengguna.

Kinerja visual dari produk digital memiliki dampak besar pada pengalaman pengguna

Tips ini menyajikan kiat yang akan membantu kita dalam membuat tipografi yang efektif. Jadi tipografi lebih dari sekadar memilih font dan ukuran titik dari beberapa menu drop-down di komputer kita.

Tipografimerupakan bentuk seni dan keterampilan yang sejarahnya berabad-abad lalu. Tipografi dulunya identic dengan penggunaan bahan jenis kayu dan logam yang dibuat dengan mesin cetak.

Dulu, kita-pun dapat belajar dari warisan tipografi yang panjang. Kebanyakan dari kita menggunakan beberapa tips praktis bagaimana menggunakan jenis tipografi yang terlihat lebih baik seperti resume, buletin, atau kartu nama.

5 Tips Buat Desain Tipografi Mudah dan Efektif

Berikut terdapat 5 tips yang dapat memudahkan Anda saat mendesain dengan tipografi yang dapat jasalogo.id ulas!

Sesuaikan Mood dengan Pesan

Pikirkan satu font terlihat kurang lebih seperti di bawah ini atau mungkin kita memiliki font favorit yang kita gunakan dalam setiap kesempatan. Pada kedua kasus tersebut kita mungkin tidak mendapatkan hasil maksimal dari pilihan font itu.

Sesuaikan Mood dengan Audiens

Setelah memilih font untuk melengkapi desain, tidak semua orang akan menafsirkan suasana font dengan cara yang sama. Setelah memilih font yang sesuai dengan desain, kita juga ingin memastikan bahwa desain itu cocok untuk audiens kita.

Sesuaikan Ukuran Titik Font dengan Konteks Desain

Saat Anda memilih dan mengatur font dalam desain, keterbacaan yang baik harus menjadi salah satu perhatian desainer. Anda atau kita tidak ingin membuat pembaca frustasi dengan membuat teks terlalu kecil sehingga sulit dibaca atau font terlalu besar.

Sebagai aturan umum, bodytext atau blok text biasanya menggunakan 10 dan 12 poin untuk proyek cetak, dan 15 sampai dengan 20 piksel di web (ukuran teks kebanyakan browser adalah 16 piksel).

Ukuran ideal mungkin sedikit berfluktuasi dan bergantung pada karakteristik serta struktur jenis huruf tertentu.

Mengatur Hirarki dalam Tipografi

Selanjutnya adalah mengatur hirarki dalam tipografi. Pada saat desain memiliki hirarki yang baik, hal itu karena terorganisir dengan baik, mudah dinavigasi, dan mudah untuk menemukan informasi yang kita butuhkan.

Hirarki tipografi  memiliki peran yang sangat penting untuk desain yang berat teks seperti buletin, majalah, buku, dan publikasi cetak tradisional lainnya, serta beberapa situs web.

Untuk melihat hirarki tipografi secara mendalam, pastikan untuk memeriksa urutan kepentingan dalam desain layout yang kita buat.

Jangan Abaikan Detail dalam Mendesain

Detail dapat membuat (atau menggagalkan) desain. Dan beberapa detail yang memiliki dampak paling besar dalam desain adalah spasi dan perataan.

Hal itu dapat membuat perbedaan antara desain yang membingungkan dan berantakan dengan desain yang rapi dan teratur.

Mari kita tinjau beberapa jenis spasi yang paling umum:

  1. Tracking atau spasi huruf adalah jumlah ruang horizontal yang konsisten antara semua huruf dalam satu bagian teks mungkin kalimat atau paragraf.
  2. Leading atau jarak antar baris adalah ruang vertikal di antara baris teks. Jarak baris yang terlalu ekstrim (terlalu dekat atau terlalu jauh) dapat membuat teks tidak nyaman dibaca.
  3. Margins adalah ruang kosong di sekitar tepi desain. Kecuali jika kita membuat efek spesifi k yang disengaja, kita tidak ingin teks terlihat seperti akan jatuh dari halaman (atau layar). Ruang kosong yang luas di tepinya membuat pembacaan lebih nyaman.
  4. White Space adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada ruang kosong/putih/ kosong dalam desain.
  5. Alignment atau konsistensi adalah cara terbaik untuk meningkatkan tampilan tipografi.

Mencampur-campur gaya perataan teks (kiri, kanan, tengah, rata kiri-kanan) boleh saja selama seimbang dan memperhatikan prinsip harmonisasi, namun perlu diingat bahwa dalam desain tanpa tujuan atau logika akan terlihat ceroboh.

Sebaiknya, pilih salah satu gaya sebagai susunan teks (biasanya rata kiri atau rata kiri-kanan) untuk digunakan dalam layout.

Kesimpulan

Terdapat beberapa tips penting sobat jasalogo.id yakni berkaitan dengan cara membuat desain grafis jenis tipografi. Selain tips tersebut, Anda dapat melakukan cek ke  beberapa ulasan lainnya dengan klik disini!