4P Bauran Pemasaran Kunci Sukses Marketing – Apa kabar sobat jasalogo.id? Di masa pandemi begini, jaga selalu Kesehatan Anda, ya! Apalagi untuk Anda yang memiliki bisnis dan tengah berkutat dalam pemasaran!
Tau gak, sih? Ternyata marketing itu ada ilmunya, lho! Sudah tahukah?
Nah, kalua belum, tepat sekali! Sebab, kali ini, kita akan membahasa tentang bauran pemasaran.
Table of Contents
ToggleApa itu Bauran Pemasaran?
Bauran pemasaran adalah suatu pemikiran strategis yang mengombinasikan berbagai strategi pemasaran sesuai dengan tujuan dan target pasar yang dituju.
Alasannya agar dapat memenangkan pasar dan mendapatkan hasil pemasaran yang paling besar bagi perusahaan.
Ada empat kunci bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P.
4P bauran pemasaran menjadi kunci sukses marketing. Ini jabarannya untuk Anda!
Product
P pertama dari bauran pemasaran adalah produk. Produk bisa berupa barang atau juga bisa berupa jasa.
Produk dalam bentuk barang sendiri, ada yang tanpa nama merek (brand) yang kemudian biasa disebut komoditas, serta ada produk yang memakai nama merek (brand).
Contoh komoditas adalah beras, gula, minyak curah, ikan, ayam, daging potong, dan sebagainya. Sedangkan contoh produk yang pakai merek yaitu Aqua, Indomie, KFC, Lifebuoy dan lain-lain.
Mengapa produk yang baik perlu diberi merek yang baik juga?
Beberapa alasannya adalah:
- Merek yang baik dapat memberikan nilai tambah yang berlipat kali ganda. Contoh: Starbuck, harga kopi Starbuck berkali-kali lipat dari harga kopi sebenarnya
- Merek yang baik memudahkan orang untuk mengingat produknya. Jadi, apabila merek ini disertai dengan kualitas produk yang baik pula, besar kemungkinan orang akan membeli ulang merek produk tersebut.
- Merek yang terbaik yang jelas positioning-nya dan didukung dengan pembeda /diferensiasi yang kuat, maka merek ini dapat memenangkan pasar dan menghasilkan keuntungan yang terbesar.
Price (Harga)
P kedua dari bauran pemasaran adalah Price (harga). Dalam menentukan harga jual ada beberapa pendekatan
Hitung biaya pokok, tambahkan keuntungan yang diinginkan, maka di dapat harga jual.
Tentukan target pasar, sesuaikan keuntungan dengan daya beli target pasar, lalu didapat harga jual
Pakaian bermerek, harga jualnya ditentukan oleh nilai dari merek tersebut.
Place (Tempat Jualan)
P yang ketiga dari bauran pemasaran adalah place atau tempat dimana sobat jasalogo.id bakal jualan.
Di dalam pemasaran off-line, penentuan lokasi tempat jualan sering dianggap sebagai salah satu penentu keberhasilan, khususnya jika produk yang dijual adalah produk retail seperti restoran, supermarket, salon, dan sebagainya.
Mantra mereka yang percaya bahwa lokasi usaha adalah penentu kesuksesan ialah ada 3 hal kunci sukses yaitu:
- lokasi
- Lokasi
- Lokasi
Disinilah letak rahasianya:
semakin bagus lokasinya, maka harganya semakin mahal. Padahal tidak ada jaminan 100% bahwa berjualan di lokasi tersebut pasti akan membuat usahanya berhasil.
Bagi yang suka kuliner, kita akan sering bertemu dengan tempat orang berjualan makanan yang ramai sekali, tetapi justru berada di lokasi yang kurang strategis.
Walaupun demikian, kita juga tidak memungkiri tentang bisnis makanan waralaba terkenal yang memilih lokasi-lokasi strategis, dan ternyata, hore! Berhasil!
Promotion (Promosi)
P yang terakhir dari bauran pemasaran adalah promosi. Di dalam dunia promosi kita mengenal istilah above the line & below the line promotions.
Ini artinya, ada kegiatan-kegiatan promosi yang “di atas garis” seperti iklan, publisitas, billboard, spanduk, poster dll.
Selain itu, juga termasuk kegiatan-kegiatan promosi yang “di bawah garis” seperti pameran, sosialisasi, sales promo, direct mail, trial/ tes produk, dan lainnya.
4P Bauran Pemasaran Kunci Sukses Marketing
Kesimpulan
Jadi, sekarang Anda sudah tahu bukan? 4P bauran pemasaran yang jadi kunci sukses marketing.
Untuk informasi tentang kami, klik disini! Ambil promo Sekarang untuk desain brand keren milik Anda dan nikmati fasilitas terbaik yang kami hadirkan!