4 Fitur Baru Twitter Mulai di Uji Coba September 2021

Twitter akan meluncurkan sederet fitur privasi baru yang ditujukan untuk membantu pengguna mengatur interaksinya di platform. 

Fitur yang dikembangkan twitter beragam. Diantaranya termasuk opsi untuk menyembunyikan cuitan lama, menghapus followers, dan meninggalkan percakapan.

Berdasarkan laporan Bloomberg, Twitter mengatakan fitur-fitur ini dikembangkan setelah perusahaan melakukan riset internal. 

Riset menemukan keadaan dimana pengguna enggan mengirimkan cuitan karena tidak tahu siapa yang bisa melihat dan mengikuti akun mereka.

Seorang peneliti Twitter Svetlana Pimkina (3/9/21) dari artikel yang dimuat Gizmido dikatakan bahwa saat privasi sosial tidak terpenuhi, maka orang-orang membatasi ekspresi mereka. Bisa jadi, orang tersebut akan menarik diri dari percakapan.

Juru bicara Twitter mengatakan beberapa dari fitur ini akan diluncurkan paling cepat mulai pekan depan. Beberapa di antaranya masih dalam tahap konsep.

Disamping itu, dalam keterangan resminya, Twitter mengungkapkan bahwa fokus yang dilakukan adalah mengembangkan privasi sosial yang berdasar adanya inspirasi.

Twitter mengaku terinspirasi dari masukan yang diterimanya lewat rangkaian studi riset global. 

Dimana, Twitter mencoba memahami persepsi dan kebutuhan privasi orang-orang di seluruh dunia. Sehingga, Twitter ingin menguji coba beberapa fitur paling cepat pada pecan dua Bulan September 2021, lho.

Penasaran, apa saja fitur yang dimaksud Twitter? Dalam artikel ini, jasalogo.id akan menyajikan informasi mengenai calon fitur privasi terbaru Twitter yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Berikut keterangannya untuk Anda!

4 Fitur Baru Twitter Mulai di Uji Coba September 2021

Menyembunyikan Tweet yang di Like

Fitur pertama yang dikembangkan twitter adalah kemampuannya untuk menyembunyikan tweet yang di like. Dimana, dalam hal ini pengguna akan bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat cuitan yang mereka sukai. 

Akan ada tiga kategori yang bisa dipilih pengguna. Ketiga kategori tersebut yaitu semua orang, followers, atau grup tertentu. Namun, belum diketahui pasti kapan fitur ini akan diuji coba.

Menghapus Follower

Pengembangan yang kedua adalah menghapus pengikut atau follower. Saat ini, cara menghilangkan follower yang tidak diinginkan adalah dengan memblokirnya bukan?

Dengan perencanaan fitur baru ini, Twitter akan menawarkan alternatif yaitu menghapus follower dari daftar pengikut tanpa perlu memblokirnya. Fitur ini akan diuji coba mulai bulan September ini.

Meninggalkan Percakapan

Selain dua poin di atas, poin ketiga yang akan dilakukan Twitter ialah memberikan fitur “meninggalkan pesan” bagi para pengguna. Dimana, pengguna akan bisa menarik diri dari percakapan di Twitter dengan cara unmention akunnya.

Setelah mengaktifkan fitur unmention, profil pengguna tidak akan lagi dilibatkan dalam percakapan dan akun yang pertama kali melakukan tag pengguna akan dilarang untuk kembali melakukan tag akun pengguna.

Sehingga, pemakai Twitter tak lagi sungkan jika ingin mengatakan secara verbal Twitter mengatakan fitur ini akan diuji coba pada akhir tahun ini. Lebih jadi tidak sabar, bukan?

Menyembunyikan Cuitan Lama

Sesuai namanya, fitur terakhir yang akan dikembangkan Twitter dalam waktu dekat ini adalah kemampuannya untuk menyembunyikan cuitan lama. Fitur ini akan bisa menyembunyikan atau mengarsipkan cuitan lama. 

Pengguna bisa memilih cuitannya akan disembunyikan setelah 30, 60, 90 hari atau satu tahun.

Sangat membantu, bukan? Apalagi jika cuitan tersebut hanya menjadi sampah pada akun pengguna. 

Setidaknya, jika ada fitur ini akan membuat akun menjadi lebih rapi. Meski demikian, sabar ya. Sebab, untuk saat ini fitur tersebut masih dalam tahap konsep.

Itulah beberapa rencana pengembangan yang akan dilakukan oleh Twitter di tahun 2021. Disamping itu, dengan senang hati tim jasalogo.id akan membantu Anda jika Anda memiliki kendala soal desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Very well presented. Every quote was awesome and thanks for sharing the content. Keep sharing and keep motivating others.