11 ELEMEN TIPOGRAFI PENTING UNTUK DIPAHAMI

11 Elemen Tipgrafi Penting untuk Dipahami – Setelah Anda memahami pengertian tipografi, kali ini jasalogo.id akan memberikan informasi mengenai 11 elemen tipografi yang penting untuk dipahami.

11 ELEMEN TIPOGRAFI PENTING UNTUK DIPAHAMI

11 elemen tipografi tersebut ialah sebagai berikut:

Jenis Huruf

Ya, jenis huruf terdiri atas keluarga font seperti Garamond Regular, Garamond Italic, Garamond Bold, dan lain-lain. Jenis font adalah bobot atau gaya tertentu dalam keluarga jenis huruf seperti Garamond Italic.

Sistem Grid

Kedua adalah istem grid, artinya sistem terstruktur, namun fleksibel yang dapat membantu desainer mencapai koherensi dalam mengatur teks dan gambar pada halaman.

Sistem grid terdiri dari panduan dan kolom, grid membentuk dasar tata letak tipografi yang baik sehingga penting untuk menggunakannya dalam setiap proyek desain.

Sistem ini menggunakan tata letak sistem grid juga memungkinkan pekerjaan dibagi beberapa desainer secara bersamaan.

Hal ini memastikan bahwa mereka menghasilkan tingkat kualitas yang konsisten dan memiliki harmoni visual.

Alignment

Pada sebuah kumpulan teks (body teks/ body copy), terdapat istilah rata kiri, rata kanan, dan rata kiri-kanan.

Leading

Leading mengacu ruang/ jarak antara baris-baris kalimat pada teks. Hal ini memainkan peran utama dalam memberikan keterbacaan.

Beberapa faktor yang memengaruhi keterbacaan:

  • jenis huruf,
  • ukuran jenis,
  • berat,
  • kerning,
  • tracking, dan lain-lain.

Ligatur

Elemen tipografi ini digunakan ketika dua karakter bertabrakan atau tampak terlalu berdekatan dan perlu diganti.

Ligatur adalah kombinasi huruf-huruf yang disatukan, beberapa di antaranya fungsional, sementara yang lain digunakan untuk alasan dekoratif.

Glyphs

Glyphs pada dasarnya adalah representasi tunggal dari karakter tipografi dalam font atau jenis huruf. Hal ini termasuk semua huruf, angka, dan karakter khusus yang tersedia.

Kerning dan Tracking

Kerning mengacu pada penyesuaian jarak antara karakter individu dalam sebuah kata. Kerning menambah atau mengurangi jarak antara pasangan huruf tertentu.

Misalnya, huruf A dan S akan terlihat lebih baik jika didekatkan.

Measure

Istilah measure mengacu pada panjang aktual baris teks dalam paragraf atau kolom. Biasanya orang cenderung menyebutnya sebagai ‘lebar kolom’.

Mengukur adalah faktor penting untuk mendapatkan yang benar karena sangat penting untuk keterbacaan teks dan bagaimana mata kita mengikutinya.

Jika dibuat terlalu lebar teks bisa sulit dibaca karena mata harus melakukan perjalanan lebih jauh setelah membaca setiap baris.

Ketika ukurannya terlalu sempit, hal itu bisa melelahkan untuk dibaca karena mata terus bergerak maju dan mundur

Text Rag

Ini terjadi ketika mengeset isi badan teks yang memiliki rata kiri atau rata rata.

Sedapat mungkin, harus menghadirkan keseimbangan visual yang menyenangkan tanpa baris teks yang terlalu pendek atau terlalu panjang atau susunan teks yang mengganggu.

Hyphens En dan Em

Dashes Hyphens digunakan untuk kata-kata dengan hyphens hubung. Biasanya, hyphens hubung harus dihindari.

Namun, pemisahan kata dengan benar dianggap perlu untuk mencegah teks lain yang buruk.

Widow dan Orphan

Istilah widow dan orphan adalah julukan di kalangan pada desainer. Dimana, adanya potongan baris kalimat atau teks yang menggantung pada tata letak desain publikasi.

Widow merupakan baris penutup paragraf yang terletak pada awal halaman atau kolom berikutnya sehingga dipisahkan dari bagian blok teks lainnya, seolah-olah kata/ kalimat tersebut ditinggal sendirian di akhir paragraf.

Sementara orphan merupakan baris kalimat sebagai pembuka yang muncul di bagian bawah halaman atau akhir kolom sehingga seolah kata/kalimat dipisahkan dari blok teks lainnya.

Demikian 11 elemen tipografi yang sangat penting untuk dipahami, mulai dari jenis huruf, sistem grid, leading, hyphens, text reg, dan masih banyak elemen lainnya.

Ingin logo Anda keren dan berkesan? Hubungi kami untuk jasa pembuatan logo, aktif 24 jam dengan revisi tak terbatas alias sepuasnya, sobat jasalogo.id!