10 Trend Desain Tahun 2021

10 Trend Desain Tahun 2021 – Desain memang selalu menjadi seni menarik bagi setiap orang. Desain memiliki bentuk dan ciri yang bermacam. Tentu, desain menyesuaikan dengan kebutuhan desainer itu sendiri.

Namun demikian, ada beberapa desain yang biasanya muncul dalam waktu bersamaan dan dalam jangka yang temporel. Artinya, terkadang desain itu menjadi booming hanya pada suatu waktu.

Di kesempatan kali ini, jasalogo.id akan membagikan trend desain 2021. Simak ulasan berikut!

10 Trend Desain Tahun 2021

Ilustrasi Kartun

Apabila memiliki ilustrasi yang unik tentu akan membuat desain Anda lebih baik. Desain yang imajinatif, ceria, dan mampu menggugah senyuman siapa pun yang melihatnya adalah elemen yang ditonjolkan dalam tipe desain ini.

Untuk keperluan branding, pembuatan poster, hingga website dapat menggunakan tipe ini. Lagi pula, karakter kartun juga tidak akan lekang dimakan zaman. Anda pun bisa lebih bersenang-senang dalam mengeksplorasinya dengan cara yang lebih kreatif.

Ilustrasi Kartun Memiliki ilustrasi yang unik tentu akan membuat desainmu lebih “dilihat”. Imajinatif, ceria, dan mampu menggugah senyuman siapa pun yang melihatnya adalah elemen yang ditonjolkan dalam tipe desain ini. Untuk keperluan branding, pembuatan poster, hingga website dapat menggunakan tipe ini. Lagi pula, karakter kartun juga tidak akan lekang dimakan zaman. Kamu pun bisa lebih bersenang-senang dalam mengeksplorasinya dengan cara yang lebih kreatif.

Tipografi 3D

Tipografi telah menjadi elemen marketing yang cukup penting sejak lama. Namun, menghadirkannya dalam bentuk desain 3D akan lebih menarik perhatian dan itulah tren yang banyak digunakan pada 2021.

Tampilan yang realistis dengan elemen animasi, tekstur, dan pola menarik akan membuat desain Anda on point.

Tipografi 3D

Desain 3D

Desain 3D mengombinasikan objek 3D dengan foto, ilustrasi, dan desain 3D.

Desain 3D akan menambahkan makna dan sentuhan akan realitas masa kini dengan inovasi yang futuristik. Tentunya, untuk menghasilkan desain 3D, Anda harus siap dengan konsep dan teknik yang imajinatif.

Desain 3D

Desain Bersenandung Alam

Bersatu dengan alam memang tidak pernah salah. Karena itu, desain yang memasukkan motif alam, seperti daun, bunga, dan pohon akan selalu terlihat segar.

Warna natural seperti hijau dan cokelat akan menunjukkan kesan menenangkan yang merefleksikan alam. 

Desain Bersenandung Alam

Ilusi Optik

Desain yang menarik perhatian tidak melulu harus jelas. Itulah yang coba ditunjukkan oleh desain ilusi optik yang menipu mata dan otak sehingga membuat siapapun yang melihatnya harus berhenti dan memastikan apakah yang dilihatnya nyata. 

Jenis desain ini menghadirkan unsur magis yang menyeret orang-orang untuk menghabiskan waktu lebih lama melihatnya.

Anda akan bermain dengan warna, garis, hingga movement yang membuat desainmu seakan bergerak adalah kunci jenis desain ini.

Ilustrasi Optik

Desain Monokrom-Duotone

Desain monokrom bermain dengan warna yang terbatas, namun tidak membatasi pesan yang bisa ditangkap oleh penikmat desainnya.

Dari segi pembuat desain dan brand yang memakainya pun, Anda jadi bisa memilih warna yang memang menggambarkan dirimu dan membuatnya stand out. 

Desain Monokrom-Duotone

Psychedelia

Desain satu ini berakar pada musik dan aroma seni era tahun 1960-an. Abstrak psychedelia berkaitan erat dengan halusinogen serta eksperimen kreatif di bawah latar belakang huru-hara sosial.

Di dalam pengaplikasiannya, desain ini banyak menggunakan warna berlebihan, dimana di dalamnya terkandung maksud bahwa ada cara untuk tetap membumi meski dalam keadaan yang tidak menentu.

Psychedelia

Ilustrasi Manusia

Desain yang memerlihatkan sosok manusia yang tengah bekerja atau melakukan sesuatu juga menjadi tren desain di tahun 2021. 

Banyak sekali instansi yang menggunakan desain bentuk ini untuk memperindah desain serta pemberian informasi kepada sasaran.

Ilustrasi Manusia

Desain Bentuk Geometris

Desain yang menonjolkan unsur-unsur geometris memang sudah lama ada dan bukanlah hal baru.

Namun, tahun 2021 adalah era 3D sehingga bentuk geometris pun dipadukan dengan unsur 3D pada tahun ini, menjadikan desain yang dinamis dan dan lebih “berbicara”.

Desain Bentuk Geometris

Flat 3D Illustration

Ilustrasi karya Peter Tarka, seperti yang jasalogo.id pasang di bawah merupakan ilustrasi flat yang digambar dengan gaya 3 dimensi. Desain ini cukup populer di tahun 2021.

Menariknya, untuk membuat gaya sejenis ini, Anda bisa menggunakan dua pendekatan berbeda.

Anda bisa membuat gaya seperti ini langsung menggunakan aplikasi pengolah 3D seperti Blender, atau menggambar langsung dengan aplikasi pengolah grafis vektor seperti Adobe Illustration atau Figma (faux 3D).

Flat 3D Illustration

Itulah10 trend desain tahun 2021. Selamat mencoba! More information, click here!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *