Apa Itu LCD, LED, OLED dan AMOLED

Apa Itu LCD, LED, OLED Dan AMOLED
Apa Itu LCD, LED, OLED Dan AMOLED
Rate this post
Apa Itu LCD, LED, OLED Dan AMOLED
sumber: jasalogo.id

Mari mengenal Apa itu LCD, LED, OLED dan AMOLED,-  Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak perangkat canggih baru yang bermunculan. Produk-produk elektronik dan gadget merupakan perangkat yang memiliki potensi tinggi untuk tumbuh subur di masa depan.

Smartphone yang dulu hanya bisa dimiliki oleh segelintir orang saat ini telah merajai pasar dari segala kalangan. Dengan harga yang terjangkau, kini siapa saja bisa memiliki perangkat smartphone.

Read More

Berbagai fitur-fitur menarik nan canggih pun dihadirkan untuk menarik perhatian khalayak. Salah satu hal yang juga menjadi perhatian para penikmat gadget adalah pada spesifikasi layar.

Seiring waktu karena pasar ponsel pintar telah tumbuh dan berkembang, demikian pula dengan kesadaran dan keterlibatan orang-orang di dalamnya. Di hari ini hampir setiap manusia kalangan dewasa hingga anak-anak memiliki gadget, bahkan ada yang satu orang memiliki lebih dari satu gadget.

Layar tampilan dalam teknologi digital turut menjadi ramai diperbincangkan. Dan saat ini teknologi layar yang sedang ramai diperbincangkan adalah layar OLED dan AMOLED. Penasaran dengan teknologi tersebut?

Artikel Jasalogo.id berikut akan memaparkan lebih jauh tentang teknologi layar OLED, keunggulannya serta perbedaannya dengan layar AMOLED. Berikut informasinya.

Apa Itu LCD, LED, OLED dan AMOLED

LCD

merupakan singkatan dari Liquid Crystal Dysplay. ialah teknologi paling populer yang paling sering kita temui dalam perangkat sehari-hari seperti yang dipakai di TV, ponsel, dan juga monitor komputer layar datar.

Monitor model ini displaynya memakai lampu latar (Liquid Crystal) untuk menampilkan gambar dari layar kristalnya.

Namun pada dasarnya LCD tidaklah menyajikan image dengan kualitas terbaik. Sebuah layar LCD tidak dapat menghasilkan cahaya, karenanya dia membutuhkan sebuah sumber cahaya yang bisa diletakkan didepan, disamping, atau dibelakang. Sumber cahaya dari belakang diberi istilah “backlight”.

LED

Pada dasarnya LED ialah LCD dengan tambahan backlight Light Emitting Diodes (LED) mempunyai keunggulan dalam menampilkan warna yang jauh lebih banyak dibandingkan teknologi LCD (standart) dan menghasilkan tampilan yang menyerupai warna aslinya.

Seperti halnya lampu samping mobil mobil tipe baru dimana sumber cahayanya tidak lagi berasal dari satu lampu pijar saja tapi terdiri dari dioda-dioda bersinar dalam jumlah banyak.

Karena sumber cahayanya lebih banyak dan tersebar, LED backlight menjanjikan pencahayaan yang lebih merata diseluruh permukaan display.

LED menghasilkan cahaya putih yang lebih “putih”. Ini akan menghasilkan warna yang lebih cemerlang dibanding fluorescent backlight.

Kualitas dan warna gambar yang dihasilkannya pun jauh lebih hidup dan cocok untuk design grafis. Selain itu LED juga menghemat energy 40 persen dibandingkan LCD dengan ukuran yang sama, Bebas merkuri dengan desainnya yang tipis, dan disertai bobot yang lebih ringan, yakni separuh dari LCD.

Sebenarnya, LCD dan LED tidaklah jauh berbeda. Liquid crystal display atau LCD, menggunakan latar cahaya putih atau “white backlight” atau “sidelight”. Iluminasi LCD adalah dengan menyinarkan cahaya putih tersebut dan sebagian panel bekerja untuk mengubah backlight menjadi individu piksel.

Teknologi LED ini lebih mahal daripada LCD karena memang kualitas gambar lebih baik dari LCD. Gambar tidak akan redup / berubah walaupun dilihan dari sudut manapun.

OLED

OLED merupakan singkatan dari Organic Light Emitting Diode. Layar OLED merupakan layar yang memiliki panel.

Panel tersebut bukan sembarang panel namun panel yang memiliki kandungan elemen-elemen organik yang mampu memancarkan cahaya saat dialiri listrik.

Paa umumnya, layar OLED banyak dipakai di perangkat televisi dan smartphone. Layar OLED banyak diminati karena beberapa hal. Layar OLED dikenal sebagai teknologi yang dapat memberikan konsumsi daya, imbasnya layar ini dapat menghasilkan level warna hitam yang lebih pekat dan dalam.

Dengan kata lain layar OLED tidak memerlukan sinar latar yang dipakai untuk menampilkan gambar pada layar.

AMOLED

Singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode, atau mudahnya Active Matrix OLED. Ini merupakan salah satu jenis OLED yang banyak digunakan saat ini.
OLED berdasarkan kontrol elektroniknya terbagi dua, yaitu:

  1. Passive Matrix OLED disingkat  PMOLED
  2. Active Matrix OLED disingkat AMOLED

Layar AMOLED mendapat perhatian besar dan dianggap jenis layar tampilan masa depan. Layar AMOLED menggunakan skema kontrol TFT (Thin Film Transistor) yang masing-masing memiliki kapasitor penyimpan sehingga pixel akan tetap menyala (selama dibutuhkan).

Dengan teknologi TFT ini, layar AMOLED sangat efisien daya listrik sehingga dapat dibuat layar AMOLED dengan ukuran yang besar.

Demikian penjabaran yang berhasil Jasalogo.id rangkum terkait pengenalan sederhana LCD, LED, OLED dan AMOLED.

semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua…

Team desain jasalogo.id profesional dalam membaut desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda

  • Whatsapp

Related posts