7 Komponen Desain Grafis, Sudah Tahu?

7 Komponen Desain Grafis, Sudah Tahu?
7 Komponen Desain Grafis, Sudah Tahu?
Rate this post

7 Komponen Desain Grafis, Sudah Tahu? – Sobat jasalogo.id, ada banyak komponen yang membangun suatu desain grafis. Apa itu komponen desain grafis?

Komponen desain grafis merupakan unsur pembentuk desain grafis itu sendiri. Dalam membuat sebuah desain grafis, diperlukan komponenkomponen yang menjadi dasar visual dalam memberikan peranan komunikasi secara visual.

Read More

Untuk itu, komponen desain grafis terdiri atas 7 komponen, yang meliputi titik, garis, bentuk, ruang, terang-bayang, warna, dan tekstur.

Nah sobat jasalogo.id, dari 7 komponen tersebut, perancang  atau desainer dari suatu desain grafis dapat membangun atau membuat sebuah desain yang menjadi sarana komunikasi secara visual.

7 Komponen Desain Grafis, Sudah Tahu?

Titik/ Dot/ Verteks

Titik sebagai salah satu komponen desain grafis yang paling mendasar, baik berdiri sebagai individual maupun sebagai kelompok, komponen titik memberikan nuansa komunikasi yang berarti dalam sebuah desain:

  1. Membentuk sebuah makna: titik tunggal bermakna selesai, titik berkelompok bermakna kesatuan atau kebersamaan 
  2. Mengekspresikan nilai statis dan emosi: titik tunggal yang berdiri sebagai kemantapan atau bernilai absolut serta berdiri sebagai penekanan selesai.

Dalam desain, bisa berperan sebagai pemberian aksen (sebagai elemen dekoratif, elemen emosi, dan elemen bahasa gambar)

Garis/ Line

Garis adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan perapatan dari sekelompok titik yang berurut dan berunut, baik berdiri sebagai elemen utama maupun bagian dari (aksen) komunikasi. 

Komponen garis memberikan juga nuansa komunikasi yang berarti dalam sebuah desain.

Potensi garis, antara lain:

  1. Membentuk garis tepi/kontur sebuah benda
  2. Mengekspresikan gerak dan emosi (garis horizontal: tenang, mati; garis diagonal: labil (tidak stabil); garis zigzag: kehancuran, retak, tidak tenang; garis bergelombang: hidup, kelembutan.

Dalam desain, bisa berperan sebagai pemberian aksen (sebagai pembatas, kolom, dan dekoratif desain);

Bentuk/ Raut/ Kurva

Yang dinamakan bentuk/ raut/ kurva adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan bertemunya titik awal garis dengan titik akhir garis. Tentunya, hasil dari garis yang bertemu ini membentuk sebuah bidang.

Bidang tersebut, baik berdiri sebagai elemen utama maupun bagian dari (aksen) komunikasi, sangat berperan dalam memberikan nuansa komunikasi yang berarti dalam sebuah desain. Potensi Bentuk dalam desain, antara lain:

  1. Menyatakan suatu bangun/shape yang tampak dari suatu benda.
  2. Bentuk merupakan rupa keliling dari sebuah rancang.  
  3. Bentuk mempunyai garis luar (outline) atau pembatas disekitarnya. 
  4. Bentuk memaksimalkan karakter/ kesan yang ingin dicapai

Selanjutnya, perlu Anda fahami pula sobat jasalogo.id! Bahwasanya terdapat dua (2) bentuk dasar dalam desain grafis, yaitu: Bentuk Geometris dan Bentuk Organis.

  1. Bentuk Geometris (segitiga, segiempat, segilima, lingkaran, trapesium, dan seterusnya). Bentuk geometris ini, merupakan sebagian dari bentuk dasar yang dipergunakan sebagai acuan dasar desainer dalam merancang. 
  2. Sementara, Bentuk Organis yakni berupa lengkungan bebas dan fleksibel.

Ruang

Ruang adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan kelanjutan dari bentuk yang dikembangkan dan dapat membentuk ruang imajiner terkait persepsi pengamatnya. Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk yang lainnya.

Pada desain grafis dapat dijadikan sebagai unsur grafis dan memberikan estetika desain. 

Dalam prinsip desain, area yang kosong dianggap sebagai elemen desain. Bidang kosong dapat sebagai ruang ventilasi juga bisa sebagai pemberi kesan tekanan kepada objek visual yang ingin ditonjolkan.

Terang Bayang

Terang-Bayang adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan permainan baru dalam bentuk ranah/lingkup arsir. 

Dari penambahan elemen arsir tersebut (biasanya adalah efek gradasi), bentuk yang dikembangkan akan memiliki nuansa realistik yang diambil dari prinsip jatuhnya unsur gelap-terang pada sebuah benda bila terkena sumber cahaya.

Hasil dari komponen terang-bayang ini berperan sebagai ilustrasi utama (berdasarkan nilai realistiknya), tetapi tidak menutup kemungkinan pula dapat berdiri sebagai bagian dari komunikasi yang kreatif.

Warna

Warna/ Color Warna adalah sensasi yang ditimbulkan oleh otak sebagai akibat daripada sentuhan gelombang-gelombang cahaya pada retina mata. Kira-kira ada 10 juta warna yang berbeda dapat dilihat dari mata manusia. 

Warna dapat berupa warna alam maupun buatan.

Tekstur

Tekstur Tekstur adalah sebuah komponen desain grafis yang merupakan tampilan/ karakteristik gambaran/representasi sifat dari suatu permukaan.

Tekstur dapat dibiarkan sebagaimana adanya atau diolah secara khusus menurut kehendak perancangnya. Permukaan dapat polos, bersisik, licin, kasar, pudar, kusam, kilap, lembut, halus, berlendir, terasa gatal, berbulu, dan lain-lain.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu, 7 komponen dalam desain grafis. Perluas wawasan Anda dengan ragam artikel menarik yang kami sajikan! 

Hubungi kami pula, di jasalogo.id untuk mendapatkan tawaran promo menarik pembuatan logo professional perusahaan Anda, sobat jasalogo.id!

  • Whatsapp

Related posts