6+ Karakteristik Media Sosial

7 Karakteristik Media Sosial
7 Karakteristik Media Sosial

6+ Karakteristik Media Sosial – Media sosial merupakan sebuah media daring dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum serta juga dunia virtual.

Sobat jasalogo, Media Sosial (Social Media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet).

Read More

Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking).

Baca juga [Mengenal Bisnis Digital dan Contohnya, Anda Harus Tahu]

Jika kita mencari definisi media sosial di mesin pencari Google, dengan mengetikkan kata kunci “social media meaning“, maka Google menampilkan pengertian media sosial sebagai “websites and applications used for social networking

Dari pengertian media sosial di atas, media sosial memiliki beberapa karakter yang membedakan dari media konvensional sebelumnya.

Berikut ini Jasalogo.id rangkum, beberapa karakteristik media sosial dilihat dari beberapa unsur:

6+ Karakteristik Media Sosial

Berikut 6+ Karakteristik Media Sosial:

1. Jaringan

Pengertian media sosial yang pertama, ditinjau dari sudut jaringan. Media sosial terbangun dari struktur sosial yang terbentuk dalam jaringan internet. Kehadiran media sosial memberikan media bagi Anda untuk terhubung secara mekanisme teknologi.

Bisa dikatakan, pengertian media sosial dalam hal jaringan adalah Anda akan lebih mudah membentuk jaringan dengan pengguna lain di seluruh dunia melalui internet.

2. Media Informasi

Informasi merupakan unsur utama yang harus ada pada media, baik media massa konvensional maupun media sosial.

Namun, berbeda dengan media massa konvensional, informasi media sosial memiliki karakteristik tersendiri dalam aktivitas memproduksi konten hingga interaksi yang terwujud dari sebuah informasi.

Jadi, bisa disimpulkan pengertian media sosial dari segi informasi adalah kemudahan akses informasi secara cepat dalam berbagai konten, baik itu tulisan, gambar, video, dan lain sebagainya.

Selain itu, informasi bisa berasal dari setiap pengguna dan ditujukan untuk pengguna yang telah ditargetkan.

3. Media Arsip

Ketika Anda menggunakan media sosial, arsip merupakan sebuah karakter yang akan menjelaskan bahwa informasi telah tersimpan dan bisa diakses kapanpun dan melalui perangkat apapun.

Dengan demikian, segala informasi yang Anda bagikan atau Anda peroleh tidak serta merta hilang, tetapi akan tersimpan (diarsipkan) dengan batasan tertentu sesuai dengan lini masa dan ukuran.

4. Media Interaksi

Interaksi merupakan karakter umum setiap media, baik media konvensional maupun media sosial. Tetapi, karakter dasar dari media sosial adalah terbentuknya jaringan antar pengguna.

Bukan hanya memperluas hubungan pertemanan maupun memperbanyak pengikut di internet.

Bentuk sederhana yang terjadi di media sosial dapat berupa keterlibatan audiens seperti memberi komentar, like, subscribe, dan lain sebagainya.

5. Simulasi Sosial

Media sosial sebagai tempat berlangsungnya masyarakat di dunia virtual (maya). Ibarat sebuah negara, media sosial juga memiliki aturan dan etika bagi para penggunanya.

Interaksi yang terjadi di media sosial mampu menggambarkan realitas yang terjadi akan tetapi interaksi yang terjadi adalah simulasi yang terkadang berbeda sama dalam kehidupan nyata.

6.  Terdapat Konten

Konten di media sosial memberikan karakteristik yang berbeda. Karakteristik ini menunjukan bahwa konten dalam media sosial sepenuhnya milik pengguna maupun pemilik akun.

Konten pengguna ini menandakan bahwa di media sosial para pengguna tidak hanya memproduksi konten sendiri, melainkan juga memakai konten yang diproduksi pengguna lain.

7. Adanya Suatu Penyebab

Penyebaran memang tak bisa dilepaskan dari pengertian media sosial. Dengan media sosial, masyarakat bisa lebih mudah menyebarkan informasi atau membagikan konten secara global hanya dalam hitungan detik.

Baca juga [Penyebab Bisnis Sulit Berkembang dan Tumbuh]

Demikianlah telah dijelaskan tentang 6+ karakteristik media sosial yang Jasalogo.id tampilkan.

Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita!

Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di Jasalogo.id.

Team desain jasalogo.id sudah paham betul mengenai psikologi warna dalam membaut desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda.

Jadi, pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan Anda!

Intip desain-nya di official instagram kami, sobat, klik disini!

  • Whatsapp

Related posts